5 Pilar Penanganan Kaki Diabetik | Info Diabetes Mellitus

5 Pilar Penanganan Kaki Diabetik

July 22nd, 2009 | Visited 22514 times, 2 so far today 1 Comment

Dalam sebuah buku Practical Guidelines on the Management and the Prevention of the Diabetic Foot yang dikeluarkan oleh International Working Group on the diabetic Foot/Consultative Section of IDF ditekankan adanya upaya-upaya pencegahan yang harus dilakukan oleh para praktisi dibidang diabetes untuk turut ambil bagian dalam mengurangi tingginya angka amputasi kaki diabetik.

Dengan melakukan beberapa usaha yang terbilang sangat mudah dan murah resiko amputasi kaki diabetik dapat diturunkan sampai 85 % !!

Terdapat 5 pilar penting dalam penanganan kaki diabetik, antara lain :

  1. Pemeriksaan kaki resiko tinggi secara teratur
    Lakukan pemeriksaan kaki secara teratur, minimal 1 tahun sekali, atau setiap 2-3 bulan pada kaki dengan resiko tinggi. Riwayat ulkus, lama diabetes, pendidikan, kurangya akses ke fasilitas kesehatan merupakan faktor resiko yang harus diperhatikan. Neuropati, angiopati, kelaian pada kulit, deformitas, gangguan mobilisasi sendi dan penggunaan alas kaki yang tidak adekuat merupakan faktor resiko lain yang harus mendapat perhatian.
  2. Indentifikasi kaki diabetik dengan resiko tinggi
    Tentukan adanya neuropati sensoris, deformitas pada kaki dan penonjolan tulang, penyakit pembuluh darah perifer, serta riwayat ulkus atau amputasi
  3. Edukasi pada diabetisi, keluarga dan petugas kesehatan
    Edukasi yang dilakukan secara teratur dan terstruktur pada pasien, keluarga dan petugas kesehatan/edukator dapat mencegah problem kaki diabetik.
  4. Penggunaan alas kaki yang tepat
    Gunakan alas kaki yang cocok dengan bentuk kaki, 1-2 cm lebih panjang dari ukuran kaki. gunakan selalu alas kaki baik didalam maupun diluar rumah. Kalau perlu buat sepatu yang dibuat khusus menyesuaikan dengan bentuk atau kelainan kaki yang ada.
  5. Penanganan kelaianan kaki diabetik sebelum timbul ulkus, seperti kelainan pertumbuhan kuku yang menebal atau ingrowing, penipisan kalus dan kulit yang kering. Gunakan ortosis untuk mengatasi kelainan bentuk kaki atau jari-jari.

Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

One Response to “5 Pilar Penanganan Kaki Diabetik”

  1. Lyla says:

    done adding too! thanks for the link up my friend! i hope you can often visit my blog

    Maaf… saya mesti nyari blogmu dulu, soalnya kamu kalo kasih pesan di shoutbox saya gak pake link blog tapi pake link email kamu dan saya paling malas kalo ke shoutbox saya pake link email krn ribet mesti nyari2 dulu link blog org tsb. Jadi maaf baru saya link balik.

 

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog