Anjing Bisa Menjadi Sahabat Penderita Diabetes | Info Diabetes Mellitus

Anjing Bisa Menjadi Sahabat Penderita Diabetes

December 1st, 2008 | Visited 32845 times, 1 so far today 0 Comments

anjing dan diabetesSejak dari dulu anjing dikenal sebagai hewan yang paling setia pada tuannya.  Kemampuan dan insting anjing pun kerap dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan manusia mulai dari tugas ringan seperti menuntun orang buta hingga mengendus zat tertentu seperti narkoba atau bahan peledak.

Sekarang kemampuan anjing pun mulai dikembangkan untuk kebutuhan yang berkaitan dengan kesehatan. Di Amerika Serikat misalnya, binatang setia ini sekarang banyak dilatih indra penciumannya untuk mengawasi kadar gula darah para penderita diabetes.

Anjing-anjing mulai dilatih untuk membantu serta memberi peringatan dini sebenarnya telah terlihat. Setidaknya dua organisasi di AS telah sukses melatih anjing dalam mendeteksi rendahnya kadar glukosa. Tetapi yang menjadi persoalan kini adalah para ahli belum dapat mengungkap bukti ilmiah bahwa anjing benar-benar dapat dijadikan acuan bagi penderita diabetes dalam mendeteksi penurunan kadar gula darah yang membahayakan .

Para peneliti dari Queen’s University di Belfast, Irlandia Utara, misalnya, kini tengah berupaya keras mengungkap bukti-bukti ilmiah tersebut. Yang menjadi perhatian mereka adalah sinyal atau isyarat apa yang diterima anjing sehingga isyarat ini dapat dilatih dan dikenalkan sebagai sistem baku bagi peringatan dini bagi penderita diabetes.

“Laporan bersifat anekdot memang menunjukkan bahwa beberapa ekor anjing dapat memberi peringatan dini akan terjadinya hipoglikemia dengan menggunakan indra penciuman mereka untuk mengetahui bahwa kadar gula darah majikannya sedang menurun,” ungkap pimpinan peneliti dan profesor psikologi, Deborah Wells.

Soal sinyal atau isyarat ini juga menjadi perhatian Mark Ruefenacht, pendiri Dogs for Diabetics, di Concord, California. Menurutnya, isyarat apa persisnya yang ditangkap anjing ketika seseorang mengalami kadar rendah gula darah masih menjadi sebuah misteri.
“Kami hanya belum dapat menemukan  jawaban yang tepat . Setiap kali kami pikir sudah mempunyai jawabannya namun sebenarnya belum,” ujar Ruefenacht.

Namun terlepas dari terbukti atau tidak secara ilmiah anjing dapat membantu memberikan peringatan dini turunnya kadar gula diabetisi, berikut ada sebuah video dibawah ini yang menunjukkan seekor anjing menyelamat majikannya yang menderita kencing manis type2 pada saat kadar gula darah majikannya turun drastis menjadi hanya 40 dan hampir mengalami koma, tapi berhasil diselamatkan oleh anjing kesayangannya.

Pada saat itu pemilik anjing sedang sendirian dirumah dan tertidur, tiba-tiba ia dibangunkan oleh anjing kesayangannya sedang menjilati muka dan membangunkannya, ia merasa lemah akhirnya bisa meminum segelas susu. dan dengan kekuatan itu dia memeriksa kembali gula darahnya yang ternyata sudah drop menjadi 40, karena dibangunkan oleh anjing ini tuannya terhindar dari koma diabetes yang dapat membahayakan jiwanya.


Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog