Apa Itu Insulin? | Info Diabetes Mellitus

Apa Itu Insulin?

September 22nd, 2008 | Visited 46134 times, 39 so far today 8 Comments

insulinInsulin | Kalau kita bicara soal diabetes atau kencing manis, maka kita harus bicara juga soal insulin. Karena insulinlah penyebab utama mengapa gula darah (blood glucose) di dalam tubuh kita tidak bisa dikendalikan dengan normal. Banyak ahli mengatakan bahwa jika mau kendalikan gula darah (blood glucose), maka harus mampu kendalikan insulin.

Insulin merupakan salah satu hormon didalam tubuh manusia yang dihasilkan oleh sel beta pulau lengerhans yang berada didalam kelenjar pancreas. Insulin dapat juga disebut protein yang berfungsi untuk mengontrol kadar gula (glucose) didalam tubuh.

Bagaimana insulin dihasilkan
Insulin pertama kali dibuat pada tahun 1921 oleh Frederick Grant Banting. Sekian lama insulin dihasilkan dari ekstraksi pancreas lembu dan babi. Dalam perkembangan selanjutnya insulin dihasilkan dari ekstraksi biosintetis dan rekayasa genetika yang menghasilkan insulin yang sama dengan insulin manusia.

Bagaimana insulin berfungsi
Pemberian insulin kepada penderita diabetes hanya bisa dilakukan dengan cara suntikan, jika diberikan melalui oral insulin akan rusak didalam lambung. Setelah disuntikan, insulin akan diserap kedalam aliran darah dan dibawa ke seluruh tubuh. Disini insulin akan bekerja menormalkan kadar gula darah (blood glucose) dan merubah glucose menjadi energi.

Jenis insulin
Insulin dapat dibedakan atas dasar:

  1. Waktu kerja insulin (onset), yaitu waktu mulai timbulnya efek insulin sejak disuntikan.
  2. Puncak kerja insulin, yaitu waktu tercapainya puncak kerja insulin.
  3. Lama kerja insulin (durasi), yaitu waktu dari timbulnya efek insulin sampai hilangnya efek insulin.
  • Insulin kerja cepat, bentuknya berupa larutan jernih, mempunyai onset cepat dan durasi pendek.
  • Insulin kerja sedang, bentuknya terlihat keruh karena berbentuk hablur-hablur kecil, dibuat dengan menambahkan bahan yang dapat memperlama kerja obat dengan cara memperlambat penyerapan insulin kedalam darah.

  • Insulin premix (campuran), yaitu insulin yang mengandung insulin kerja cepat dan insulin kerja sedang. Insulin ini mempunyai onset cepat dan durasi sedang (24 jam).

  • Ada juga insulin yang mempunyai durasi panjang (lebih dari 24 jam).

Pengobatan dengan insulin harus berdasarkan kebutuhan masing-masing individu. Dokter akan memilihkan jenis dan kombinasi insulin yang paling sesuai dengan pola hidup diri anda.

Cara simpan insulin
Insulin adalah sediaan yang stabil apablia disimpan dengan baik. Insulin dalam kemasan yang masih tertutup atau tersegel harus disimpan didalam lemari es pada suhu 2-8 derajat celcius. Insulin tidak boleh disimpan didalam freezer karena insulin yang pernah membeku tidak bisa digunakan lagi.

Insulin yang sedang digunakan bisa disimpan pada suhu kamar sejuk kurang lebih 25 derajat celcius. Faktor yang terpenting yang harus dihindari adalah suhu yang terlalu tinggi dan sinar matahari langsung. Insulin yang terkena sinar matahari dalam jangka waktu lama akan terurai dan menjadi warna kekuningan. Insulin yang sudah berubah warna tidak boleh digunakan lagi.

Insulin jangan disimpan ditempat yang mungkin menjadi terlalu panas, seperti didalam mobil yang tertutup atau diatas televisi. Insulin jangan dikocok terlalu lama karena akan terbentuk gumpalan seperti benang dan harus dibuang karena tidak dapat digunakan lagi.

Jenis alat suntik (syringe) insulin

  1. Siring (syringe) dan jarumSiring dari bahan kaca sulit dibersihkan, mudah pecah dan sering menjadi kurang akurat.Siring yang terbaik adalah siring yang terbuat dari plastik sekali pakai. Walaupun banyak pasien diabetes yang menggunakan lebih dari sekali pakai, sangat disarankan hanya dipakai sekali saja setelah itu dibuang.
  2. Pena insulin (Insulin Pen)Siring biasanya tertalu merepotkan dan kebanyakan pasien diabetes lebih suka menggunakan pena insulin. Alat ini praktis, mudah dan menyenangkan karena nyaris tidak menimbulkan nyeri. Alat ini menggabungkan semua fungsi didalam satu alat tunggal.
  3. Pompa insulin (Insulin Pump)Pompa insulin (insulin pump) diciptakan untuk mneyediakan insulin secara berkesinambungan. Pompa harus disambungkan kepada pasien diabetes (melalui suatu tabung dan jarum). Gula (Glucose) darah terkontrol dengan sangat baik dan sesuai dengan kebutuhan.

Sumber : Novocare – Novo Nordisk Diabetes Service

Jika anda ingin melihat berbagai bentuk alat suntik dan pompa insulin klik disini.

Demikian informasi tentang Apa Itu Insulin?. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Pesan artikel via email

Pastikan selalu mendapatkan update terbaru dari blog ini, Masukkan email Anda: (Email Anda akan kami rahasiakan).

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda.

8 Responses to “Apa Itu Insulin?”

  1. dea says:

    hallo?? gimana kabarnya di sana???

  2. sri says:

    kenapa saya tidak bisa download penjual teh chin chau padahal sudah melalui prosedur. setiap download selalu tidak ada teksnya

  3. Author says:

    Untuk Ibu Sri,
    Tolong sebutkan dimana kota tempat anda tinggal, nanti saya kirimkan alamat penjualnya langsung ke email ibu. :lol:
    Salam

  4. Olyn says:

    Terima kasih atas infonya..
    Yang saya ingin tanyakan, mengapa dahulu insulin diambil dari pankreas babi?
    Dan bagaimana cara para ahli menciptakan insulin dari hasil rekayasa genetika? Apakah gen inslin yang diambil masih tetap berasal dari gen babi?
    Atau gen yang diambil berasal dari gen inslin manusia?
    Thx. ;)

  5. Author says:

    Pro: Olyn,
    Jika anda membaca habis artikel saya tentang APA ITU INSULIN seharusnya pertanyaan anda sudah terjawab.
    Salam

  6. ari says:

    cara menyuntikan insulin dan waktu yang tepat kapan aja menyuntikkannya??

  7. bie says:

    thanks ea!
    dari situs newh qu bs bwas tgaz mkalah dr guruq,,
    mski tagg spnuh’a membntu,pii newh ckub brie qu tmbahan mteri..
    ;)

  8. Author says:

    waduh… pake bahasa apa tuh? ada yang tau gak itu bahasa apa?
    tapi gak pa2, makasih sudah mampir di blog saya.
    Salam

Trackbacks/Pingbacks

 

Leave a Reply to this Post

*

Facebook Fans Page
Kategori

Statistik Blog