Arti Setitik Darah Bagi Diabetisi | Info Diabetes Mellitus

Arti Setitik Darah Bagi Diabetisi

June 5th, 2010 | Visited 66467 times, 1 so far today 0 Comments

test_glucoseTumpah darah, setetes darah dan setitik darah memiliki arti yang berbeda untuk setiap insan. Bagi seorang pahlawan, tumpah darah bisa berarti membela negara. Bagi seorang donatur, mendonor darah bisa berarti menyelamatkan sesama insan yang membutuhkan transfusi darah. Tapi bagi seorang diabetisi setitik darah bisa sangat berarti bagi dirinya sendiri.

Sebagai seorang penyandang diabetes, paling sedikit Anda harus melakukan 1 kali test glucose di pagi hari (sebaiknya sebelum sarapan). Setitik darah yang Anda korbankan setiap pagi untuk mengetest kadar gula Anda akan sangat berharga bagi diri Anda sendiri.

Apapun hasil test kadar gula darah yang diperoleh dari alat test glucose akan memberikan petunjuk apa yang harus Anda lakukan pada hari itu dan hari-hari berikutnya. Sebagai contoh, jika hasil test gula darah Anda agak tinggi, itu artinya Anda harus segera melakukan tindakan pencegahan seperti misalnya:

  1. Apakah Anda harus mendapatkan asupan insulin
  2. Minum obat penurun gula darah
  3. Seberapa banyak dan apa makanan yang boleh Anda konsumsi di pagi hari itu. Lantas untuk makan siang dan malamnya juga Anda harus memutuskan hal yang sama.
  4. Selanjutnya untuk sore hari Anda bisa memutuskan harus berolahraga berat atau ringan?

Nah, beberapa contoh keputusan diatas yang saya maksudkan dengan arti setitik darah bagi seorang diabetisi. Dengan  melakukan deteksi dini (setiap pagi hari) melalui test kadar gula darah dan disertai dengan melakukan langkah pencegahan (preventif), seperti diet makan dan berolahraga itu sama artinya Anda sudah melakukan sebagian pengelolaan diabetes (managemen diabetes) Anda.

Orang boleh mengatakan bahwa kalau sakit bisa diobati dengan cara minum obat. Begitu juga dengan seorang diabetisi, jika kadar gula darahnya tinggi pun bisa minum obat penurun kadar gula darah. Tapi kita harus selalu ingat bahwa kadar gula darah yang tidak dikendalikan dengan baik dapat menyebabkan seorang diabetisi semakin rentan terkena komplikasi diabetes.

Melakukan test kadar gula darah setiap pagi bukanlah pekerjaan yang sulit. Tapi apakah Anda sudah disiplin melakukannya? Anda hanya cukup memiliki sebuah alat kecil yaitu alat test glucose (glucose meter).

Dengan mengetahui tingkat kadar gula darah setiap pagi paling tidak kita sudah diberi isyarat awal dan mengambil keputusan apa yang tidak atau boleh dilakukan agar tidak memicu meningginya kadar gula Anda. Ingat penyakit diabetes adalah penyakit yang sangat mahal harganya.

Seperti Anda ketahui bahwa bulan lalu saya konsentrasi menulis artikel di blog saya ini pada masalah pemanis buatan dan pemanis alami.

Artikel ini merupakan bagian dari awal rencana saya menulis beberapa review produk/alat test gula darah (glucose meter) yang harapan saya bisa saya publish di bulan ini (Juni 2010).

Mudah-mudahan artikel singkat ini berguna bagi Anda.


Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog