Brokoli, Makanan Penting Bagi Penderita Kencing Manis – Diabetes | Info Diabetes Mellitus

Brokoli, Makanan Penting Bagi Penderita Kencing Manis – Diabetes

November 21st, 2008 | Visited 62590 times, 2 so far today 16 Comments

brokoli-diabetesKencing manis | Predikat brokoli sebagai superfood sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Begitu banyak riset yang menunjukkan betapa makanan alami ini kaya akan zat-zat yang berfaedah bagi kesehatan.

Sebuah penelitian terbaru di Inggris mengindikasikan brokoli memiliki zat penting yang mampu memperbaiki dan mengembalikan fungsi pembuluh darah yang rusak akibat kencing manis atau diabetes. Peneliti dari Universitas Warwick meyakini, zat yang bernama sulforaphane ini, memiliki peran besar dalam memulihkan kembali pembuluh darah.

Seperti dimuat di Jurnal Diabetes, sulforaphane mampu merangsang produksi enzim-enzim  yang dapat melindungi pembuluh darah dan menurunkan molekul-molekul yang menyebabkan kerusakan sel-sel secara signifikan. Sayuran-sayuran jenis brassica seperti brokoli sebelumnya memang berkaitan dengan rendahnya risiko serangan jantung dan stroke.

Orang yang mengidap kencing manis – diabetes tercatat memiliki risiko lebih besar hingga lima kali lipat mengidap penyakit kardiovaskuler seperti serangan jantung dan stroke; yang keduanya juga berkaitan dengan kerusakan sel-sel pembuluh darah.

Dalam risetnya, tim dari Universitas Warwick, menguji pengaruh  sulforaphane dalam sel-sel pembuluh darah yang rusak akibat tingginya kadar gula darah (hiperglikemia), yang berkaitan erat dengan diabetes.

Mereka mencatat adanya 73 persen reduksi molekul tubuh yang disebut Reactive Oxygen Species (ROS). Hiperglikemia dapat menyebabkan kadar ROS meningkat tiga kali lipat dan tingginya kadar molekul ini bisa merusak sel-sel tubuh. Peneliti juga menemukan bahwa sulforaphane mengaktivasi sejenis protein dalam tubuh yang disebut  nrf2, yang dapat melindungi sel-sel dan jaringan dari kerusakan dengan cara mengaktivasi antioksidan dan enzim-enzim detoksifikasi.

“Riset kami mengindikasikan bahwa zat seperti sulforaphane dalam brokoli dapat membantu menghadang proses yang berhubungan dengan perkembangan penyakit pembuluh darah dalam diabetes. Ke depan, penting artinya untuk menggelar penelitian untuk menguji apakah mengonsumsi sayuran brassica memberikan faedah bagi pasien diabetik.  Kami berharap itu akan terjadi,” ujar pimpinan riset, Professor Paul Thornalley.

Brokoli juga dapat turunkan resiko kanker paru-paru, silahkan baca di: http://sehat-jasmani.blogspot.com/

Demikian informasi tentang Brokoli, Makanan Penting Bagi Penderita Kencing Manis – Diabetes. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Pesan artikel via email

Pastikan selalu mendapatkan update terbaru dari blog ini, Masukkan email Anda: (Email Anda akan kami rahasiakan).

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda.

16 Responses to “Brokoli, Makanan Penting Bagi Penderita Kencing Manis – Diabetes”

  1. tyas says:

    waaah, untung aku doyan tuh brokoli… apalagi kalo di cap cay….
    ternyata bagus ya untuk mencegah diabetes….
    makan yang banyak ah…

  2. adinata says:

    wah ..mesti di bookmark nie … thx infonya ya .. mo belanja beli brokoli dulu

  3. naradhipa says:

    Brokoli bagus yah?? Kalo kembang kol, mengandung sulforaphane ga?? Apa sejenis belerang gitu ya?? Hehehe..
    Baru ketemu web ini.. Ternyata ada juga yang peduli dengan diabetesi kayak gw.. :)

  4. Dr. Arief says:

    Wah… pak Oddie ternyata diam-diam peneliti canggih juga ya :) Blog nya top banget nih. Salut pak! Saya sering mampir sih, tapi lupa gak ngisi buku tamu :D

  5. Author says:

    Dear Dr. Arief,
    Terima kasih Pak Arief, saya senang kalau bapak sering mampir kesini. Berkat teman2 yang sering mampir disinilah yang menambah semangat saya untuk mencoba mengumpulkan informasi lebih banyak ttg kencing manis untuk saya sajikan bagi rekan2 yg mencari informasi yang sama.
    Sekali lagi trims pak, saya juga sering mampir di blog bapak untuk cari kalau2 ada informasi yang bisa saya butuhkan.
    Salam
    Oddie

  6. adinata says:

    dah di pasang tu links nya … :D

  7. supriyanto says:

    Pak Oddie, maaf kalo saya bukan memberi comment tapi malah mengajukan pertanyaan. Saya (43 thn) sangat kepengin menjaga supaya tidak terkena diabetes, katanya diabetes menurun dan ayah saya adalah penderita diabetes. seminggu yang lalu saya cek gula darah dengan hasil: 90 puasa dan setelah 2 jam makan 97. Pertanyaan: Apakah saya termasuk ada gejala diabetes? makanan apa yg harus saya hindari agar tidak beresiko kena diabetes? apakah menghindari makan nasi akan membantu mengurangi resiko? saya olah raga jalan kaki 3x seminggu.

    terima kasih sebelumnya.

    Salam.

  8. Author says:

    Pro : supriyanto
    Kalau saya lihat hasil test gula darah bapak seperti yang bapak tuliskan, saya lihat kadar gula darah bapak normal artinya tidak ada gejala kencing manis. Tapi gejala kencing manis tidak semata-mata hanya dikenali dari hasil test laborat. Bapak juga harus melihat gejala lainnya. Silahkan baca arikel saya tentang gejala kencing manis di blog ini.
    Salam

  9. Krisditya says:

    Terima kasih mau bagi-bagi info
    Salam

  10. yusuf says:

    Terima kasih informasinya. Terus-terang saya baru kali ini tahu manfaat sayur Brokoli buat diabet.

  11. Tri W says:

    Sy penggemar brokoli sejak lama, biasanya utk campuran salad atau cukup di rebus utk lalapan. Sy perlu print artikel utk sy kirimkan ke ibu di kampung halaman yg menderita diabetes. Jg saya akan kirimkan mediatea utk beliau. Terima kasih utk informasinya, semua pasti bermanfaat untuk pembaca. Sukses selalu tuk Pak Oddie!
    Salam,

  12. andre says:

    saya baru tau teryata brokoli bermanfaat utk penderita kencing manis.
    Akan saya coba……..

  13. Togle says:

    pak mau tanya kalo penderita kencing manis apakah telapak kaki kiri terasa nyeri kalo menginjak …gejala pakah ini …

  14. agung wahyudhi says:

    hasil tes darah ibu saya kata dokter ada kemungkinan gula, asam urat dan hipertensi. kalau nanti mengkonsumsi sayur2an apa tidak berpengaruh terhadap asam uratnya? hasil tes asam urat +7… makanan apa yang terbaik bagi ibu saya mengingat sekarang ini dia cuma mengkonsumsi kentang rebus, nasi 25o grm/ hari, dan susu diabetasol. apa nanti tidak akan kekurangan nutrisinya? trimakasih

  15. Author says:

    Pro agung wahyudhi,
    Orang VEGETARIAN nyatanya juga nggak kekurangan nutrisi tuh, hahahahah.

  16. AMY says:

    salam kenal Bapak…saya baru getol nyari info ttg DM.. baru hari ini saya buka blog Bapak…wah, infonya lengkap bgt… terima kasih untuk Bapak… Tetap semangat ya Pak… :) :) :)

 

Leave a Reply to this Post

*

Facebook Fans Page
Kategori

Statistik Blog