Cara Menggunakan Insulin | Info Diabetes Mellitus

Cara Menggunakan Insulin

April 1st, 2011 | Visited 68676 times, 12 so far today 2 Comments

Insulin merupakan protein kecil yang tidak dapat diberikan melalui oral karena tubuh kita tidak mencernanya dengan benar. Oleh sebab itu pemberian insulin kepada penderita atau pasien diabetes harus dilakukan dengan cara menyuntikan insulin ke dalam tubuh.

Sebagian besar orang yang menderita diabetes dan terpaksa harus menggunakan insulin paling sedikit harus mendapatkan 2 suntikan insulin sehari untuk mengintrol gula darah dengan baik. Sebagian penderita diabetes bahkan mungkin membutuhkan 3 atau 4 suntikan per hari.

Jika Anda seorang penderita diabetes yang terpaksa harus menggunakan insulin sebaiknya Anda mendiskusikan dengan dokter ahli kapan dan bagaimana Anda akan menggunakan insulin.

Penggunaan insulin bagi setiap penderita atau pasien diabetes akan berbeda-beda. Beberapa orang pasien diabetes akan menggunakan insulin secara reguler dalam waktu 30 sampai 60 menit sebelum makan. Beberapa orang pasien diabetes lainnya mungkin harus menggunakan insulin kerja cepat sebelum mereka makan.

Ada tiga cara menggunakan insulin dengan benar:

1. Menggunakan jarum suntik (syringe):
Yaitu menggunakan jarum tipis dan kecil untuk menyuntikkan insulin di bawah kulit.

jarum suntik insulin

2. Menggunakan pena penyuntik:
Pena penyuntik insulin merupakan perangkat seperti pena yang mengandung insulin. Seperti jarum suntik, anda menggunakan pena penyuntik insulin untuk menyuntikkan insulin dibawah lapisan kulit Anda. Penelitian menunjukkan bahwa banyak pasien yang menggunakan pena penyuntik insulin lebih baik daripada jarum suntik (syringe).

pena_penyuntik_insulin

3. Menggunakan pompa insulin (insulin pump):
Sebuah tabung kecil dan kanul, yang dikenal sebagai infus set, ditempatkan di bawah kulit oleh pasien yang akan diberikan insulin. Jumlah insulin dapat diubah-ubah oleh setiap pengguna. Alat ini dapat diprogram untuk mengeluarkan insulin dalam jumlah dan waktu tertentu.

pompa insulin

Demikian informasi tentang Cara Menggunakan Insulin. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Pesan artikel via email

Pastikan selalu mendapatkan update terbaru dari blog ini, Masukkan email Anda: (Email Anda akan kami rahasiakan).

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda.

2 Responses to “Cara Menggunakan Insulin”

  1. zuhdi says:

    mau tanya, pompa insulin apakah sudah dijual di indonesia? dan berapa ya harganya? terimakasih.

  2. Sudirman says:

    Saya menggunakan Insulin Lantus Solostar 20 u sekali suntik pada pagi hari dan dapat mempertahan gula darah berkisar 160 mg/dl, sebelumnya menggunakan oral amaryl 2mg pagi hari dan metformin mlm hari

 

Leave a Reply to this Post

*

Facebook Fans Page
Kategori

Statistik Blog