China Kini Menjadi Ibu Kota Diabetes Dunia | Info Diabetes Mellitus

China Kini Menjadi Ibu Kota Diabetes Dunia

August 2nd, 2011 | Visited 108552 times, 1 so far today 2 Comments

China saat ini menjadi negara dengan penderita diabetes terbanyak di dunia dengan 92,4 juta penderita diabetes. Sekitar 61% tidaknya tidak menyadari bahwa mereka telah menderita diabetes. Reuter juga mengabarkan bahwa sekitar 150 juta rakyat China sedang terancam menderita diabetes.

Diperkirakan pertumbuhan ekonomi yang begitu cepat sejak 1980 yang menyebabkan perubahan gaya hidup serta pola konsumsi makanan (beralih ke fast food) masyarakat di China menjadi penyebab utama meningkatnya jumlah penderita diabetes di China.

Kebiasaan rakyat China yang dulunya banyak menggunakan sepeda dan sekarang lebih banyak menggunakan mobil juga dikatakan menjadi salah satu penyebab jumlah penderita diabetes di China meningkat dengan cepat dan mengalahkan India yang selama ini menyandang gelar ibu kota diabetes di dunia.

Perubahan pola makan (beralih ke fast food) di China juga menyebabkan sekitar 60 juta rakyat China mengalami kelebihan berat (obesitas) yang juga menjadi salah satu pemicu kenaikkan penderita diabetes di China.

Dari contoh kasus di China tersebut diatas, kiranya di Indonesia juga harus berhati-hati karena perubahan gaya hidup dan pola makan masyarakat di Indonesia yang akhir2 ini mulai beralih ke fast food terutama di kota2 besar di Indonesia sangat dimungkinkan akan menjadi pemicu meningkatnya penderita diabetes di kota2 besar di negara kita.

Federasi Diabetes Internasional (IDF = International Diabetes Federation) memproyeksikan penderita diabetes di dunia pada tahun 2030 akan mencapai 435 juta orang.


Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

2 Responses to “China Kini Menjadi Ibu Kota Diabetes Dunia”

  1. sochdi says:

    saya ada pengalaman dengan dm, terutama dm1 yang saya derita. ingin sharing dengan yang punya blog tapi tidak tahu alamat emailnya ato contact?

  2. Silahkan kirimkan kepada saya pengalaman Anda. Jika layak disharingkan akan saya postingkan di blog ini.
    Terima kasih

 

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog