Cokelat Perbaiki Kerja Pembuluh Darah Diabetesi | Info Diabetes Mellitus

Cokelat Perbaiki Kerja Pembuluh Darah Diabetesi

October 2nd, 2008 | Visited 17943 times, 1 so far today 2 Comments

CokelatCoklat dan Kencing manis | Ada kabar baik untuk para penyandang kencing manis – diabetes mellitus atau diabetesi. Riset yang dilakukan para ahli di Jerman menyimpulkan, secangkir minuman cokelat diyakini mampu memperbaiki kerja pembuluh darah pada diabetesi.

Dalam riset itu, para ahli memberikan tiga cangkir minuman cokelat yang telah diformulasi secara khusus  setiap hari selama sebulan kepada diabetesi. Hasilnya, pembuluh darah mereka yang semula rusak berat, berfungsi normal kembali.

Diduga, hal itu terjadi berkat flavanol, salah satu zat aktif yang terkandung pada cokelat. Selain cokelat, zat antioksidan tersebut juga terdapat pada beberapa jenis sayuran, buah-buahan, teh hijau, dan lain-lain. Beberapa studi lainnya juga telah mengungkap manfaat flavanol untuk kesehatan.

Dalam studi itu, para peneliti dari University Hospital Aachen, Jerman, menggunakan cokelat yang telah diperkaya dengan flavanol. Dr Malte Kelm, yang memimpin riset mengatakan, flavanol bekerja dengan meningkatkan produksi nitric oxide, zat kimiawi di dalam tubuh yang akan membantu melenturkan dan melebarkan pembuluh darah.

”Pengidap diabetes tipe II tentu boleh-boleh saja mengonsumsi cokelat untuk gaya hidup sehat mereka, tapi studi ini tidak bertujuan mendorong diabetesi untuk mengonsumsi lebih banyak cokelat,” kata Kelm.

Dia menambahkan, riset tersebut  menunjukkan asupan flavanol mungkin diperlukan untuk mencegah komplikasi berupa gangguan kardiovaskuler pada diabetesi. (bbchealth/hid/ri)

Sumber : http://republika.co.id/launcher/view/mid/19/news_id/4429


Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

2 Responses to “Cokelat Perbaiki Kerja Pembuluh Darah Diabetesi”

  1. Dame Munthe says:

    Memang ada coklat yang dibuat khusus tanpa gula sehingga dapat diminum oleh pederita DM.
    Tk

  2. Author says:

    Saya pernah melihat coklat tanpa gula buatan Belgia di jual di sebuah conter di airport sukarno-hatta.

 

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog