Deteksi Diabetes Bisa Lewat Mulut dan Gigi | Info Diabetes Mellitus

Deteksi Diabetes Bisa Lewat Mulut dan Gigi

January 14th, 2013 | Visited 4000 times, 1 so far today 0 Comments

gigiDeteksi Diabetes Bisa Lewat Mulut dan Gigi | Secara umum seseorang terserang penyakit diabetes atau kencing manis bisa dideteksi dengan 10 gejala diabetes. Namun apakah seseorang terserang penyakit diabetes juga bisa dideteksi melalui kesehatan mulut dan gigi

Komplikasi diabetes bisa menyerang hampir seluruh organ tubuh. Salah satu gejala diabetes atau kencing manis yang mudah diamati adalah melalui mulut.

Kesehatan mulut yang buruk tak hanya karena Anda malas menyikat gigi. Tetapi, bisa jadi akibat penyakit diabetes yang diderita.

Berikut tanda-tanda oral akibat meningkatnya kadar glukosa dalam tubuh, seperti dilansir dalam Medicmagic (14/1).

Kerusakan gigi
Meningkatnya kadar glukosa akan memperburuk kerusakan gigi. Bakteri dalam mulut dengan cepat berinteraksi dengan makanan manis yang dikonsumsi, sehingga membentuk plak gigi.

Pembusukan gigi
Bagi penderita diabetes, tubuh kesulitan melawan bakteri karena penyakit ini menyebabkan sistem imun tubuh menurun. Akibatnya, terjadi peradangan dan pembusukan gusi.

Mulut kering
Mulut kering menjadi tanda diabetes, karena berkurangnya produksi air liur oleh kelenjar air liur. Pada akhirnya, kondisi ini menyebabkan sariawan, nyeri, infeksi dan kerusakan gigi.

Infeksi jamur
Tingginya tingkat gula dalam air liur mendorong pertumbuhan jamur yang memicu terjadinya infeksi dan akan berkembang menjadi luka. Selain itu, jamur juga bisa menyebabkan luka pada lidah.


Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog