Diabetes pada Anjing | Info Diabetes Mellitus

Diabetes pada Anjing

April 9th, 2010 | Visited 74950 times, 2 so far today 0 Comments

diabetes pada anjing-dog and diabetesDiabetes adalah salah satu penyakit hormonal yang paling umum terjadi pada anjing. Diabetes pada anjing dapat terjadi pada usia muda 18 bulan. Kebanyakan diabetes pada anjing terjadi antara usia tujuh sampai sepuluh tahun ketika diagnosis diabetes anjing dibuat.

Sekitar 70% dari anjing dengan diabetes adalah anjing betina. Jenis-jenis anjing yang mudah terkena diabetes adalah anjing dachshunds, pudel, schnauzers miniatur, terrier cairn, dan spaniel. Menariknya, diabetes sangat jarang terlihat pada Cocker Spaniels, anjing gembala, collie, dan boxer.

Tanda-tanda terjadinya diabetes pada anjing

Ada 3 tanda-tanda klinis:

  • Anjing diabetes biasanya menunjukkan peningkatan tajam dalam konsumsi air minum mereka, bersama dengan peningkatan buang air kecil. Mereka sering memiliki selera yang sangat baik, namun kehilangan berat badan. Akhirnya, kemunculan katarak di mata menunjukkan kemungkinan terkena diabetes.
  • Sangat penting untuk mendiagnosis diabetes dini pada anjing. Jika Anda melihat tanda-tanda di atas pada anjing Anda, jangan ragu untuk membawanya ke dokter hewan. Jika terdiagnosis dan tidak diobati, anjing diabetes dapat timbul komplikasi yang mengancam jiwa anjing karena akan terjadi ketidakstabilan metabolisme dalam tubuh mereka.
  • Diagnosis diabetes pada anjing umumnya cukup sederhana. Adanya tingkat gula darah tinggi (hiperglikemia) dan gula dalam urin (glukosuria) bersama dengan tanda-tanda klinis yang sesuai hasil diagnosis. Dalam anjing, kadar gula darah normal antara dari 80 sampai 120.

Pengobatan

Hampir semua anjing dengan diabetes membutuhkan terapi insulin. Sama seperti pada manusia, terapi insulin ini dilakukan dengan injeksi. Kebanyakan anjing membutuhkan insulin dua kali sehari sudah memadai untuk pengendalian penyakit diabetes mereka. Jarum suntik yang digunakan adalah ukuran sangat kecil sehingga membuat suntikan cukup nyaman.

Terapi Insulin

Ada berbagai jenis insulin yang tersedia, pastikan Anda mendiskusikan apa yang sesuai untuk jenis anjing Anda dengan dokter hewan Anda. Insulin harus didinginkan, dan diaduk dengan lembut sebelum dipakai.

Kompleksitas Diabetes

Diabetes adalah penyakit serius dan kompleks. Selama obat penyembuhan diabetes belum ditemukan, hewan dan manusia yang menderita diabetes akan terus membutuhkan terapi insulin.


Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog