Diabetes Penyebab Rambut Rontok | Info Diabetes Mellitus

Diabetes Penyebab Rambut Rontok

June 25th, 2009 | Visited 14093 times, 2 so far today 0 Comments

Sebelum kita sampai pada hubungan antara diabetes dan rambut rontok serta kemungkinan kerugian lainnya, pertama-tama mari kita meneliti dan memahami dasar-dasar hubungan antara diabetes dan rambut.

Sepintas rambut kepala manusia tampaknya tidak memiliki fungsi lain selain untuk penampilannya. Meski demikian, rambut masih menjadi bagian dari tubuh manusia, oleh sebab itu apa yang terjadi pada sapah satu bagian tubuh lain akan membawa akibat kepada kondisi rambut manusia.

Rambut sebenarnya memiliki akar rambut dan kantong yang terletak di bawah kulit kepala. Cara terbaik untuk memelihara rambut adalah melalui aliran darah yang membawa gizi kepala. Asupan gizi yang cukup atau kurang dalam sirkulasi darah akan mempengaruhi pertumbuhan rambut dan kesehatannya.

Penyebab Rambut Rontok
Dalam beberapa kasus kerontokan rambut ada kemungkinan tidak ada hubungan langsung dengan diabetes. Ada beberapa faktor penyebab mengapa orang mengalami rambut rontok, dan sangat penting untuk anda ketahui penyebabnya.

Diperkirakan 95% dari orang-orang yang menderita rambut rontok penyebab utamanya adalah masalah gen hormonal dan aktivitas kehidupan sehari-hari. Periksa dulu apakah Anda memiliki masalah gen hormonal ini sebelum berpikir bahwa kerontokan rambut anda disebabkan oleh diabetes. Cara mudahnya adalah dengan melihat anggota keluarga atau sanak saudara anda apakah banyak diantaranya mengalami rambut rontok?.

Diabetes dan Rambut Rontok

Hubungan antara diabetes dan rambut rontok dapat dijelaskan dengan melihat sifat diabetes dan pengaruh diabetes terhadap kondisi tubuh manusia.

Salah satu penyebab diabetes adalah suatu kondisi dimana pankreas tidak dapat menghasilkan insulin. Sedangkan insulin didalam tubuh kita akan berfungsi mengubah glucose menjadi energi. Apabila glucose didalam tubuh kita tidak diubah menjadi energi maka akan menyebabkan glucose didalam tubuh kita berlebihan. Glucose yang berlebihan akan mengumpul didalam darah, dan aliran darah akan membawa glucose mengalir keseluruh tubuh kita.

Tingginya glucose didalam darah akan mulai menyebabkan deposit lemak bertambah didalam dinding pembuluh darah, ini sama artinya bahwa pembuluh darah kita akan semakin menyempit. Pembuluh darah yang menyempit akan akan membawa akibat sirkulasi darah didalam tubuh kita tidak lancar sehingga asupan gizi keseluruh tubuhpun akan berkurang.

Rambut yang sangat membutuhkan asupan gizi pun mengalami kekurangan gizi sehingga kondisi kesehatan rambut menurun dan mengakibatkan akar rambut tumbuh tidak sehat dan mudah rontok.

Supplement dan Diet
Bagi mereka yang mengalami rambut rontok yang disebab oleh gen hormonal akan lebih mudah ditangani yaitu mereka bisa mengkonsumsi supplement food, tapi bagi mereka yang rambut rontoknya disebabkan karena diabetes harus berhati-hati, karena mereka harus cermat memilih supplement food yang tepat yang tidak memicu peningkatan gula darah, artinya mereka harus bisa mempertahankan diet makanan.


Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog