| Mobile | RSS

Diet Rendah Lemak Tidak Turunkan Risiko Diabetes pada Wanita Lansia

April 10th, 2009 | 2 Comments | Posted in Diet Diabetes, Makanan untuk Diabetisi
Diet rendah lemak tidak menurunkan insidensi diabetes kencing manis atau diabetes. Demikian hasil studi Women’s Health Initiative Dietary Modification Trial.

Meskipun demikian, diantara badan selama periode studi 8 tahun, subyek yang mengalami diabetes lebih sedikit.

Dr. Lesley F. Tinker dkk dari Fred Hutchinson Cancer Research Center, Seatlle, menyatakan bahwa berat badan lebih merupakan prediktor dominan untuk mengurangi risiko diabetes dibanding komposisi makronutrien.

Tim penelitit ini menganalisis data hampir 46.000 perempuan usia 50 – 79 tahun (rata-rata usia 62 tahun), yang tidak menderita diabetes pada awal studi. Sebanyak 18.376 perempuan secara random diberikan tindakan intervensi dan 27.511 subyek sisanya dimasukkan dalam kelompok kontrol.

Tujuan investasi diet tersebut adalah memberikan 20% energi dari lemak, yang disertai dengan pemberian sayuran dan buah-buahan sebanyak 5 porsi atau lebih setiap hari. Baik kelompok diet maupun kelompok kontrol, tidak diberi target untuk menurunkan berat badan atau melakukan olahraga.

Pada akhir studi, insidensi diabetes dilaporkan terjadi pada 7,1% subyek kelompok intervensi dan 74% pada kelompok kontrol, dengan perbedaan yan g tidak bermakna. Meskipun demikian, ditemukan adanya interaksi yang bermakna secara statistik diantara kelompok-kelompok tersebut, yang menunjukkan adanya penurunan risiko yang lebih besar jika diet lemak makin dikurangi (p=0,04).

Kemaknaan di atas menghilang jika diadakan koreksi terhadap perubahan berat badan, karena itu dianggap bahwa penurunan berat badan yang mempunyai efek protektif tersebut. Sedangkan peran pola diet rendah lemak pencegahan diabetes, hanya merupakan mediator dari penurunan berat badan.

Dr. MarkN. Feinglos dan Dr. Susan E Totten dari Duke University Medical Center, Durham, North Carolina, dalam editorialnya memberikan komentar bahwa hal kritikal dala perkembangan diabetes melitus boleh jadi lebih disebabkan asupan kalori dan penurunan berat badan, dibanding komposisi makronuterien individual.

Sumber: Medical Update, Sept 2008 – Archieves of Internal Medicine 2008;168:1485-1486, 1500-1511

Related Posts with Thumbnails

Post to Twitter Post to Plurk Post to Yahoo Buzz Post to Delicious Post to Digg Post to Facebook Post to MySpace Post to Ping.fm Post to Reddit Post to StumbleUpon

Artikel Terkait

Leave a Reply 10836 views, 10 so far today |
Follow Discussion

2 Responses to “Diet Rendah Lemak Tidak Turunkan Risiko Diabetes pada Wanita Lansia”

  1. Goodgrade Says:

    Penelitian WHI ini seharusnya menjadi penutup dongeng “Hindari lemak” bagi penderita diabetes. Coba perhatikan tulisan di atas. Jelas-jelas dikatakan diet “rendah lemak” tidak turunkan insidensi diabetes. Tetapi kalimat kedua “subyek yg mengalami diabetes lebih sedikit” kelihatan ingin tetap mengunggulkan dongeng “Hindari Lemak”. Penelitian WHI ini adl penelitian kelas “A1″, dijalankan selama 8,1 tahun, biaya +/- 315 juta dollar,diikuti 50,000 orang, target kurangi asupan lemak jadi 20%. Ttp setelah diumumkan ternyata tak berpengaruh pd diabetesi.Jadi akankah anda kurangi asupan lemak anda?

  2. obat diabetes Says:

    biarpun tidak menurunkan resiko diabet,tetapi diet lemak sangat penting bagi lansia…

Leave a Reply






Add to Technorati Favorites New Web Directory: The New Web Site Directory Feedage Grade A rated My BlogCatalog BlogRank THE BOBs Subscribe My Feed
Submit link
Preview on Feedage: info-diabetes-mellitus Add to Feedage RSS Alerts Info Diabetes Mellitus RSSMountain ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers Blog Directory by Blog Flux Health Blogs - Blog Rankings Health (Medicine) - TOP.ORG
kencing manis, gejala kencing manis, penyebab kencing manis, diabetes mellitus, diabetes, diabetisi, komplikasi, medikasi,pengobatan diabetes,pengobatan kencing manis,artikel diabetes, artikel kencing manis,informasi diabetes,blog diabetes,situs diabetes Blogz Top Blogs Health Add to The Free Dictionary Blog Directory Powered by FeedBurner blogarama - the blog directory Blog Directory TopOfBlogs Subscribe in NewsGator Online Subscribe with Bloglines Dr.5z5 Open Feed Directory Health Blogs - BlogCatalog Blog Directory Free PageRank Checker Msn bot last visit powered by Scriptme Google bot last visit powered by Scriptme Yahoo bot last visit powered by Scriptme