FDA Rekomendasi Tidak Gunakan Glucose Meter GDH-PQQ | Info Diabetes Mellitus

FDA Rekomendasi Tidak Gunakan Glucose Meter GDH-PQQ

June 7th, 2010 | Visited 87583 times, 1 so far today 4 Comments

GDH-PQQHi, Teman-teman diabetisi, Anda pasti sudah tahu bahwa hampir semua alat test gula darah yang kita gunakan memerlukan test strip, bukan? Nah, kali ini saya mau sharing info bagus dan berharga untuk kaum kita diabetisi.

Pada tanggal 13/08/2009 FDA (BPOM Amerika) menerbitkan sebuah peringatan tentang bahaya menggunakan test strip GDH-PQQ (glucose dehydrogenase pyrroloquinoline quinone) bagi mereka yang menjalani terapi gula non-glucose tertentu, karena bisa memberikan hasil test gula darah yang salah. Kesalahan pembacaan hasil test strip GDH-PQQ dapat menyembunyikan “hypoglacemia” (gula darah rendah) secara signifikan. Dan jika hasil test kadar gula darah ini dipakai sebagai dasar pemberian insulin dalam dosis terlalu tinggi (overdosis) akan menyebabkan kematian.

GDH-PQQ strip adalah sebuah metodelogy mengukur kadar gula darah yang tidak bisa membedakan glucose dengan gula non-glucose seperti “maltose“, “xylose“, dan “galactose” yang bisa ditemukan di dalam obat tertentu atau pasien yang sedang menjalani terapi obat-obatan tertentu yang mengandung gula non-glucose.

FDA merekomendasi untuk mengambil langkah hindari menggunakan strip GDH-PQQ kepada pasien diabetes yang menjalani terapi produk interfering.

Dalam kurun waktu 1997 – 2009 FDA menerima 13 laporan kematian yang dihubungkan dengan test strip GDH-PQQ. Kematian terjadi pada tempat-tempat pelayanan kesehatan. Beberapa laporan mengindikasikan terjadi luka serius seperti kadar gula rendah, syaraf yang memburuk, kurang oksigen dalam jaringan, kerusakan otak dan koma muncul sebelum kematian.

FDA bekerjasama dengan produksen-produksen untuk mengatasi masalah test strip GDH-PQQ dan terus mencermati kasus-kasus yang terjadi yang berhubungan dengan produk-produk yang dimaksud.

Saya juga teluri informasi ini lebih jauh dan menemukan bahwa peringatan tentang bahaya menggunakan test strip GDH-PQQ juga disiarkan oleh situs US Recall News dan Institute for Safe Medication Practices (ISMP).

Lantas produksen dan merk apa yang menggunakan test strip GDH-PQQ? Rasanya tidak etis jika saya cantumkan dalam artikel ini. Tapi jika Anda ingin mengetahui produksen dan merk apa yang test stripnya menggunakan GDH-PQQ saya persilahkan Anda ke TKPnya langsung dan linknya disini.

Sebagai tambahan, produksen test strip GDH-PQQ mungkin akan segera mengubah produk mereka ke metode non-GDH-PQQ. Oleh sebab itu penyedia jasa kesehatan dan pasien harus mengacu pada label alat atau konsultasikan dengan produksen untuk mengetahui jenis metode yang digunakan.

Gunakan monitor glukosa dan strip tes yang spesifik terhadap glukosa (glucose specific). Metoda pemeriksaan ini bisa dilakukan di laboratorium. Hubungi perusahaan yang memproduksi alat monitor glukosa dan strip tes untuk memastikan metoda yang digunakan.

Monitor glukosa dan strip tes yang spesifik terhadap glukosa adalah yang memiliki metoda glucose oxidase (GOD), hexokinase, glucose dehydrogenase dengan nicotinamide adenine dinucleotide (GDH-NAD), atau glucose dehydrogenase dengan flavin-adenine dinucleotide (GDH-FAD).

Sumber Link:

  1. FDA
  2. Glucosesafety.com
  3. US Recall News
  4. Institute for Safe Medication Practices (ISMP)
  5. Produksen dan merk glucose meter yang menggunakan test strip GDH-PQQ

Update : (07/06/2010 | 23:30)

Artikel ini menimbulkan banyak pertanyaan yang dilayangkan kepada saya berkisar tentang ciri-ciri test strip metode GDH-PQQ. Sampai saat ini saya belum menemukan informasi yang memberikan petunjuk ciri-ciri kasat-matanya.

Di situs resmi FDA pun tidak memberikan informasi ini. Dugaan sementara (pendapat saya) ini mungkin berhubungan dengan bahan (bisa jadi bahan kimia) yang digunakan dalam strip tersebut.

Saya sangat berterima kasih jika Anda mempunyai account Facebook.com atau Twitter.com tolong disebarluaskan di Facebook dan Twitter.


Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

4 Responses to “FDA Rekomendasi Tidak Gunakan Glucose Meter GDH-PQQ”

  1. sochdi says:

    bagaimana ciri2 dari test strip GDH-PQQ ?

  2. Pro : sochdi
    Memang secara phisik tidak kelihatan ciri-ciri test strip GDH-PQQ, tapi dugaan sementara saya adalah pada penggunaan bahan (kimia) yang digunakan.
    Di situs FDA pun tidak memberikan ciri-cirinya. Para produksen pun tidak mencantumkan keterangan apakah glucose meter yang mereka produksi menggunakan metode pengujian apa. Tapi ada beberapa produksen menyertakan keterangan bahwa glucose meter meter mereka telah memenuhi persyaratan FDA. Sementara hanya itu yg bisa saya jawab. Jika ada diantara teman2 yang menemukan informasi ttg hal ini bisa memberitahukan kepada saya agar bisa saya update ke blog ini.
    Terima kasih
    Salam

  3. Adit says:

    Di website FDA disebutkan dengan jelas merk dan type alat tes gula darah yang menggunakan GDH-PQQ pada test stripnya.

    Di dalam kemasan test strip juga disebutkan bahan – bahan enzimnya, sehingga bisa langsung diketahui.

    Semoga membantu.

  4. Terima kasih atas tambahan informasinya semoga bermafaat bagi rekan2 diabetisi.

 

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog