Frederick Grant Banting, Penemu Insulin | Info Diabetes Mellitus

Frederick Grant Banting, Penemu Insulin

November 16th, 2008 | Visited 16211 times, 2 so far today 0 Comments

Insulin – Frederick Grant Banting | Dua hari yang lalu tanggal 14 November, di seluruh dunia baru saja memperingati World Diabetes Day atau Hari Diabetes Dunia. Mengapa dipilih tanggal 14 November untuk memperingati World Diabetes Day atau Hari Diabetes Dunia?
Jawabannya adalah untuk memperingati hari lahirnya Frederick Grant Banting, tokoh penemu insulin (silahkan baca artikel saya tentang apa itu insulin?).

Frederick Grant Banting dilahirkan pada tanggal 14 November1891, di Alliston, Ontario, Canada, dia adalah anak bungsu dari lima saudara dari hasil perkawinan William Thompson Banting and Margaret Grant.

Banting kawin dengan Marion Robertson pada tahun 1924, dan memiliki seorang anak bernama William Banting pada tahun 1928. Perkawinan dengan Marion Robertson berakhir dengan perceraian pada tahun 1932. Dan pada tahun 1937 Banting kawin lagi dengan Henrietta Ball.

Banting menyelesaikan sekolahnya Public and High Schools – Alliston dan kemudian melanjutkan ke kuliah di University of Toronto. Pada awalnya beliau kuliah di jurusan keagamaan, tapi kemudian beliau pindah ke jurusan farmasi. Dikebanyakan artikel yang saya baca nama beliau hanya disebut dengan nama Banting. Dia adalah seorang medical scientist, doctor and penerima hadiah nobel dibidang Physiology or Medicine pada tahun 1923.

Banting mulai sangat tertarik dengan penyakit kencing manis atau diabetes pada saat beliau bekerja di Naunyn, Minkowski, Opie, Schafer. Dia mulai mengadakan penelitian tantang penyebab timbulnya penyakit kencing manis yaitu disebabkan karena kekurangan sejenis hormon di pulau Langerhans di dalam pankreas. Hormon ini kemudian diberi nama oleh Schafer dengan nama INSULIN.

Banting meninggal pada tanggal 21 February 1941 di Newfoundland, Kanada pada usia 49 tahun dan dikebumikan di Mount Pleasant Cemetery in Toronto.

Berikut beberapa koleksi foto saya tentang biografi Frederick Grant Banting

Banting dengan pakaian militer (kiri), bersama dengan rekan kerja Charles Best (kanan)



Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog