Gaya Hidup Buruk Picu Diabetes | Info Diabetes Mellitus

Gaya Hidup Buruk Picu Diabetes

November 6th, 2009 | Visited 13506 times, 1 so far today 0 Comments

lifestyleSekitar 80 persen prevalensi diabetes melitus merupakan tipe dua. Hal ini menunjukkan gaya hidup atau lifestyle yang tidak sehat menjadi pemicu utama meningkatnya penyakit tersebut. Diabetes merupakan penyebab kematian kedua terbesar di perkotaan. Hal itu terungkap dalam seminar sehari mengenai Diabetes yang diselenggarakan Departemen Kesehatan, Kamis (5/11).

Organisasi Kesehatan Dunia PBB menetapkan tanggal 14 November sebagai Hari Diabetes Sedunia. Tema peringatan tahun ini ialah Pahami Diabetes dan Kendalikan. Diabetes melitus merupakan penyakit kronis yang disebabkan ketidakmampuan tubuh memproduksi hormon insulin atau karena penggunaan yang tidak efektif dari produksi insulin. Hal ini ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah.

Diabetes tipe dua umumnya terkait genetis atau keturunan yang juga dipengaruhi dan dipicu faktor risiko seperti pola makan, kurang beraktivitas, merokok, minum beralkohol, obesitas, hipertensi hiperglikemia, hiperkolesterol.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Tjandra Yoga Aditama mengungkapkan, buruknya gaya hidup itu tercermin dalam Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2007, prevalensi kurang makan buah dan sayur sebesar 93,6 persen, kurang aktivitas fisik pada penduduk berusia di atas 10 tahun sebesar 48,2 persen, prevalensi merokok setiap hari bagi penduduk di atas 10 tahun sebesar 23,7 persen, dan konsumsi alkohol dalam satu bulan terakhir 4,6 persen.

Hasil riset yang sama menunjukkan, diabetes melitus menduduki peringkat kedua sebagai penyebab kematian pada kelompok 45-54 tahun di perkotaan. Sedangkan, di pedesaan, diabetes melitus menduduki peringkat keenam deng an jumlah proporsi kematian sebesar 5,8 persen.

Sumber : KOMPAS.com


Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog