Gen Diabetes Ditemukan di Asia Selatan | Info Diabetes Mellitus

Gen Diabetes Ditemukan di Asia Selatan

October 25th, 2011 | Visited 843236 times, 5 so far today 0 Comments

Dalam sebuah studi yang baru dibuat oleh para ilmuwan telah melaporkan telah menemukan enam (6) gen baru yang berhubungan dengan diabetes. Gen yang ditemukan pada peserta studi berasal dari keturunan Asia Selatan.

Hasil temuan tersebut berasal dari Genome Wide Association Study. Parameter penelitian mencari variasi dalam struktur genetik antara individu dari suatu populasi tertentu, penduduk khususnya Asia Selatan. Para peserta penelitian berjumlah 58.587 orang berasal dari enam negara yang berbeda seperti India, Mauritius, Pakistan, Sri Lanka dan Singapura.

Hasil penelitian itu diterbitkan di Nature Genetics 28 Agustus 2011 yang lalu. Dalam studi tersebut ditemukan bahwa penduduk Asia Selatan memiliki empat kali risiko lebih besar terkena diabetes tipe 2. Resiko ini ditunjukkan meningkatnya kadar gula darah.

Secara keseluruhan, diabetes type 2 diderita oleh 55 juta penduduk Asia Selatan dan diproyeksikan bahwa dalam 20 tahun mendatang, penyakit diabetes akan menjangkiti 80 juta orang.

Pimpinan proyek, Viswanathan Mohan, diabetologist (Chief diabetologist at the Indian Council for Medical Research’s Advanced Center for Genomics of Diabetes) mengatakan bahwa gen diabetes yang baru ditemukan tersebut dapat membantu dalam pengembangan terapi masa depan dan obat untuk mengelola atau bahkan menyembuhkan diabetes.

Studi saat ini telah mengidentifikasi 42 gen yang terkait dengan diabetes umum di kalangan populasi Eropa. Namun semua informasi yang dikumpulkan perlu diperiksa lebih lanjut untuk mengidentifikasi hubungan sebab dan akibat antara gen dan penyakit diabetes.

Mohan menambahkan, “Studi tersebut masih membutuhkan beberapa tahun ke depan.” Sementara itu, tes sederhana dapat dikembangkan untuk membantu dalam menilai risiko diabetes untuk membantu para profesional medis dalam memberikan perawatan medis yang layak dan panduan bagi pasien mereka.

Dengan studi tersebut, tim yang dipimpin oleh Mohan di MDRF telah mengembangkan Skor Risiko Diabetes India. Dalam tes ini, kerentanan genetik individu, yang berasal dari diet dan atau riwayat keluarga dan bahkan gaya hidup dapat membantu memberikan kemungkinan seseorang berisiko terkena diabetes tipe 2.

Demikian informasi tentang Gen Diabetes Ditemukan di Asia Selatan. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Pesan artikel via email

Pastikan selalu mendapatkan update terbaru dari blog ini, Masukkan email Anda: (Email Anda akan kami rahasiakan).

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda.

Leave a Reply to this Post

*

Facebook Fans Page
Kategori

Statistik Blog