Gula Darah Tinggi Bisa Menyusutkan Otak | Info Diabetes Mellitus

Gula Darah Tinggi Bisa Menyusutkan Otak

September 8th, 2012 | Visited 2883 times, 1 so far today 0 Comments

Hubungan Kadar Gula Darah dan OtakGula Darah Tinggi Bisa Menyusutkan Otak | Kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan menyusutnya otak. Demikian menurut sebuah hasil studi yang dipublikasikan oleh ABC Medical News.

Sebuah penelitian dilakukan di Australia terhadap hampir 250 pria dan wanita yang tidak mengidap diabetes menemukan bahwa mereka dengan kadar gula darah tinggi cenderung mengalami menyusutan pada area otak yang terkait dengan memori dan pengolahan emosional. Hasil ini bertahan meskipun mereka bisa mengendalikan gaya hidup seperti merokok dan yang terkait dengan berat badan.

“Temuan ini dapat berkontribusi pada reevaluasi konsep kadar glukosa darah normal dan definisi diabetes,” tulis penulis studi tersebut Dr Nicolas Cherbuin, direktur Neuroimaging and Brain Lab di Australian National University, Canberra, Australia.

Penelitian sebelumnya mengaitkan diabetes, gangguan kadar gula darah tinggi yang tidak normal, dengan penurunan kognitif terkait usia. Namun studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal Neurology itu menyebutkan bahwa mengendalikan kadar gula darah dapat meningkatkan kesehatan kognitif pada orang yang tidak menderita diabetes.

Beberapa studi menunjukkan bahwa kontrol gula darah dapat membantu mengatur respons radang pada bagian-bagian tubuh yang terkait dengan penyusutan otak. Teori lain menyebutkan bahwa kadar gula tinggi membuat darah lebih lengket, meningkatkan risiko penggumpalan yang memakan otak.

Para ahli mengatakan, studi ini mendukung pola makan sehat untuk menjaga kadar gula darah tetap terkontrol.


Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog