Hamil Sering Mendengkur, Gejala Diabetes Gestational | Info Diabetes Mellitus

Hamil Sering Mendengkur, Gejala Diabetes Gestational

December 23rd, 2009 | Visited 23061 times, 1 so far today 0 Comments

snoringJangan anggap remeh kebiasaan mendengkur saat hamil karena itu bisa jadi salah satu gejala Diabetes Gestasional pada kehamilan. Menurut para ahli, hal ini berkaitan dengan kenaikan berat badan yang akan berpengaruh pada sistem metabolik atau kardiovaskular.

“Mendengkur adalah tanda kurangnya aliran udara dan oksigen saat tidur yang bisa menyebabkan sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh juga berkurang. Hal ini akan mengaktifkan sistem saraf simpatetik, sehingga tekanan darah akan naik di malam hari. Kondisi ini juga memicu peradangan dan perubahan metabolik yang akan meningkatkan risiko diabetes,” kata Dr.Francesca Facco dari Northwestern Memorial Hospital, AS.

Penelitian yang dilakukan Facco dan timnya melibatkan 189 wanita hamil yang sehat dan sering mendengkur saat tidur. Kategori sering mendengkur di sini adalah paling sedikit tiga kali dalam seminggu.

Diketahui bahwa wanita hamil yang mendengkur beresiko 14,3 persen mengalami diabetes gestasional, sedangkan yang tidak mendengkur risikonya hanya 3,3 persen.

Selain kebiasaan mendengkur, peneliti juga mengukur faktor lain terjadinya diabetes, antara lain, indeks massa tubuh, usia, ras dan etnik. Namun tetap ditemukan kaitan antara mendengkur dan terjadinya diabetes.

Ibu hamil memang beresiko mengalami diabetes. Bila tidak diatasi, diabetes gestasional bisa berpengaruh pada janin, antara lain risiko bayi lahir besar, gula darah rendah, kegemukan di kemudian hari atau terjadinya sindroma metabolik.

Gejala diabetes pada kehamilan lain yang perlu diwaspadai di antaranya adalah sering kencing, banyak minum, banyak makan, gatal-gatal di kulit, keputihan, sering mengantuk, cepat lelah, berat badan turun drastis, serta kesemutan. Untuk memastikannya, lakukan pemeriksaan gula darah di laboratorium.


Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog