| Mobile | RSS

Ibu Hamil Makan Sayur, Bayi Jauh dari Diabetes

gestational-diabetesMengkonsumsi makanan padat nutrisi seperti sayuran dan buah-buahan di masa kehamilan memang sangat penting artinya bagi janin. Bukti penelitian terbaru pun menunjukkan, kebiasaan para ibu menyantap sayuran menjauhkan bayi mereka dari ancaman penyakit.

Riset para ilmuwan di Sahlgrenska Academy Swiss, yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatric Diabetes menyatakan, ibu hamil yang makan sayur setiap hari cenderung memiliki anak yang terbebas dari diabetes tipe 1.

“Ini adalah riset pertama yang menunjukkan adanya hubungan antara asupan sayur selama kehamilan dengan risiko anak secara langsung mengidap diabetes tipe 1. Tetapi, beragam riset lanjutan seperti ini diperlukan sebelum kami dapat menyatakan hal yang definitif,” ungkap peneliti dan ahli nutrisi Hilde Brekke dari Sahlgrenska Academy.

Brekke menggagas riset bersama rekan ilmuwan lain dari Linköping University, yang melakukan studi populasi yang disebut ABIS (All Babies in Southeast Sweden).

Mereka mengumpulkan sampel darah dari  hampir 6.000 anak berusia lima tahun untuk kemudian dianalisa. Dari total populasi, tiga persen anak tercatat mengalami peningkatan kadar antibodi penanda diabetes  tipe 1 atau mengidap diabetes tipe 1 pada usia lima tahun.

Penanda risiko ini meningkat hingga dua kali lipat dan lazim ditemukan pada anak yang ibunya jarang  menyantap sayur pada saat hamil. Sedangkan risiko paling rendah tercatat di antara anak-anak yang ibunya makan sayuran setiap hari.

“Kami tak bisa mengatakan dengan pasti soal basis penelitian ini bahwa  sayuran itu sendiri yang memberi efek protektif. Tetapi faktor lain yang berhubungan dengan asupan sayur, seperti standar pendidikan ibu, tampaknya tidak menjelaskan hubungan. Proteksi ini juga tidak dapat dijelaskan dengan faktor-faktor pola makan  atau faktor risiko lain yang diketahui,” ujar  Brekke.

Istilah “sayur ” dalam penelitian ini, kata Brekke, termasuk seluruh jenis sayuran kecuali sayuran umbi semisal wortel, lobak atau kentang.

Related Posts with Thumbnails

Post to Twitter Post to Plurk Post to Yahoo Buzz Post to Delicious Post to Digg Post to Facebook Post to MySpace Post to Ping.fm Post to Reddit Post to StumbleUpon

Artikel Terkait

Leave a Reply 9808 views, 11 so far today |

Leave a Reply






Add to Technorati Favorites New Web Directory: The New Web Site Directory Feedage Grade A rated My BlogCatalog BlogRank THE BOBs Subscribe My Feed
Submit link
Preview on Feedage: info-diabetes-mellitus Add to Feedage RSS Alerts Info Diabetes Mellitus RSSMountain ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers Blog Directory by Blog Flux Health Blogs - Blog Rankings Health (Medicine) - TOP.ORG
kencing manis, gejala kencing manis, penyebab kencing manis, diabetes mellitus, diabetes, diabetisi, komplikasi, medikasi,pengobatan diabetes,pengobatan kencing manis,artikel diabetes, artikel kencing manis,informasi diabetes,blog diabetes,situs diabetes Blogz Top Blogs Health Add to The Free Dictionary Blog Directory Powered by FeedBurner blogarama - the blog directory Blog Directory TopOfBlogs Subscribe in NewsGator Online Subscribe with Bloglines Dr.5z5 Open Feed Directory Health Blogs - BlogCatalog Blog Directory Free PageRank Checker Msn bot last visit powered by Scriptme Google bot last visit powered by Scriptme Yahoo bot last visit powered by Scriptme