Inilah 3 Rempah Ampuh Turunkan Gula Darah | Info Diabetes Mellitus

Inilah 3 Rempah Ampuh Turunkan Gula Darah

April 1st, 2014 | Visited 4375 times, 1 so far today 0 Comments

Inilah Rempah Ampuh Turunkan Gula DarahInilah 3 Rempah Ampuh Turunkan Gula Darah | Ada banyak cara yang dilakukan orang untuk menjaga tingkat gula darah tetap rendah secara alami. Salah satunya adalah dengan menggunakan rempah-rempah. Rempah-rempah tak hanya diketahui akan kualitas rasanya terhadap makanan, namun juga kemampuannya dalam hal kesehatan.

Selama ini rempah-rempah jenis tertentu diketahui bisa menurunkan tingkat gula dalam darah dan bermanfaat untuk pasien diabetes. Berikut adalah beberapa jenis rempah yang sudah populer dan berkhasiat untuk menurunkan gula darah, seperti dilansir oleh Daily Health Post (18/03).

1. Kunyit
Berdasarkan penelitian tahun 2012 yang dilakukan oleh Harbin Medical University di China, pasien diabetes tipe-2 yang mengonsumsi 300 mg bubuk kunyit sehari selama tiga bulan mengalami penurunan tingkat gula darah yang cukup besar dibandingkan yang mengonsumsi plasebo.

Hal ini karena adanya zat curcumin dalam kunyit, yaitu antioksidan dan zat anti peradangan yang terlihat dari warna kuning pada kunyit. Selama ini curcumin diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan selain mengontrol gula darah.

2. Cayenne
Mungkin kebanyakan orang belum mengenal cayenne. Cayenne adalah sejenis cabai yang sudah digunakan sebagai obat sejak abad ke-14. Rempah ini juga digunakan oleh masyarakat pedalaman Amerika Selatan dan Tengah untuk menurunkan berat badan. Penelitian tahun 2006 yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa cayenne bisa menurunkan tingkat gula darah dengan cepat, sekitar 20 – 120 menit setelah memakannya.

Peneliti menemukan bahwa cayenne bisa meningkatkan sensitivitas jaringan terhadap insulin dan menurunkan gula dalam darah. Selain itu, cayenne juga mengandung capsaicin yang diketahui bisa membakar lemak serta mengurangi rasa nyeri.

3. Oregano
Berdasarkan penelitian pada Januari 2008 pada Journal of Natural Medicine, glucosides yang ditemukan dalam oregano bisa menurunkan gula darah. Hasil penelitian tersebut menguatkan hasil penelitian sebelumnya pada tahun 2004 yang menemukan bahwa ekstrak oregano juga bisa menurunkan tingkat gula dalam darah.

Itulah beberapa rempah yang diketahui bisa membantu menurunkan tingkat gula dalam darah. Rempah tersebut bisa dicampurkan dalam masakan yang dikonsumsi sehari-hari. Dapatkan khasiatnya, baik untuk menurunkan gula darah maupun untuk kesehatan tubuh lainnya.


Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog