Kayu Manis Ampuh Atasi Diabetes Type 2 | Info Diabetes Mellitus

Kayu Manis Ampuh Atasi Diabetes Type 2

January 21st, 2013 | Visited 3098 times, 2 so far today 2 Comments

kayu manis - cinnamonKayu Manis Ampuh Atasi Diabetes Type 2 | Kayu manis (Latin: Cinnamomum Burmannii) yang banyak digunakan sebagai rempah masakan terbukti ampuh atasi diabetes atau kencing manis. Seperti disiarkan di situs United States Department of Agriculture (Departemen Pertanian Amerika Serikat) mengatakan seorang ahli kimia Richard A. Anderson bekerjasama dengan 2 universitas melakukan penelitian terhadap kayu manis.

Dalam penelitian tersebut mereka menemukan bahwa senyawa yang terkandung di dalam kayu manis dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Penelitian dilakukan terhadap 60 orang sukarelawan di Pakistan penderita diabates type2. Dari penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa mengkonsumsi setengah sendok tepung kayu manis selama 40 hari dapat menurunkan kadar gula darah 20%, cholesterol dan triglyceride. Penurunan itu terus terjadi hingga 20 hari berikutnya. Studi ini menunjukkan bahwa mereka yang menerima kayu manis paling tidak 1 gram sehari bisa merasakan manfaat ini. Efek ini disebabkan oleh kandungan methylhydroxy chalcone polymer yang terdapat di dalam kayu manis.

Berikut ini daftar 12 manfaat dan khasiat Kayu manis untuk kesehatan:

  1. Kayu manis digunakan sebagai obat rumah untuk menyembuhkan pilek, mual dan diare. Jenis kayu manis lainnya juga diyakini dapat meningkatkan energi.
  2. Kayu manis terbukti dapat menurunkan atau mengontrol kadar gula pada penderita diabetes. Sebuah studi dari US Agricultural Research Service telah menunjukkan bahwa sedikit 1 gram (1 sendok teh) bubuk kayu manis per hari dapat menurunkan 20% gula darah.
  3. Tidak hanya gula darah saja, Kayu manis dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida atau asam lemak di dalam darah.
  4. Kayu manis memiliki memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri dan digunakan secara luas untuk mengobati penyakit akibat jamur candida albicans dan bakteri helicobacter pylori.
  5. Komponen cinnaldehyde pada kayu manis memiliki efek pengencer darah yang membantu mencegah terjadinya pengumpalan darah. Dengan kata lain kayu manis dapat mencegah penyumbatan darah, sehingga meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko stroke.
  6. Minyak kayu manis digunakan sebagai minyak esensial aromaterapi. Minyak kayu manis memiliki efek yang menenangkan dan aromanya membuat tenang dan rileks.
  7. Kayu manis memiliki sifat anti inflamasi. Hal ini digunakan untuk menyembuhkan peradangan jaringan internal karena konsumsi makanan yang digoreng atau diproses.
  8. Kayu manis juga kaya akan zat besi, kalsium mangan, dan serat. Kombinasi tersebut membantu mengurangi dan menghilangkan empedu, dan kemudian mencegah kerusakan pada sel-sel usus besar atau timbulnya kanker usus besar. Hal ini juga membantu meringankan sindrom iritasi usus besar.
  9. Kayu manis juga mengurangi laju pengosongan lambung, sehingga mengurangi kenaikan kadar gula darah setelah makan yang berarti Anda tidak akan merasa cepat lapar.
  10. Aroma kayu manis akan meningkatkan fungsi otak Anda, meningkatkan daya ingat dan kinerja otak untuk tugas-tugas tertentu.
  11. Bubuk kayu manis dapat juga digunakan sebagai alternatif untuk pengawet makanan, hal ini disebabkan karena sifat antimikrobanya yang kuat.
  12. Kayu manis juga telah digunakan secara tradisional untuk pengobatan sakit gigi karena kerusakan gigi dan bau mulut.

Ternyata kata manis (kayu manis) tidak selalu menghantui penderita diabetes atau kencing manis.

Beberapa teman diabetisi yang telah mengkonsumsi kayu manis juga melaporkan bahwa kadar gula darah mereka turun dengan cepat dan stabil.

Sebaiknya Anda berkonsultasi dahulu  jika ingin mengonsumsi kayu manis karena kayu manis dapat mengganggu kinerja obat diabetes, jika Anda adalah seorang penderita diabetes yang sedang dalam penanganan dokter dan mengkonsumsi obat dari dokter.

Demikian informasi tentang Kayu Manis Ampuh Atasi Diabetes Type 2. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Pesan artikel via email

Pastikan selalu mendapatkan update terbaru dari blog ini, Masukkan email Anda: (Email Anda akan kami rahasiakan).

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda.

2 Responses to “Kayu Manis Ampuh Atasi Diabetes Type 2”

  1. saya izin share artikelnya ya pak…..

  2. admin says:

    Kami persilahkan Anda sebarluaskan semua artikel di blog ini. Kami sangat berterima kasih jika Anda bersedia sertakan sumber atikelnya berasal dari blog ini.

 

Leave a Reply to this Post

*

Facebook Fans Page
Kategori

Statistik Blog