Kondisi Ketika Seorang Pasien Diabetes Dianjurkan Tidak Berpuasa | Info Diabetes Mellitus

Kondisi Ketika Seorang Pasien Diabetes Dianjurkan Tidak Berpuasa

July 13th, 2014 | Visited 4571 times, 2 so far today 0 Comments

Ketika Seorang Pasien Diabetes Dianjurkan Tidak BerpuasaKondisi Seperti Apa Ketika Seorang Pasien Diabetes Dianjurkan Tidak Berpuasa | Meskipun di bulan Ramadan penyandang diabetes masih bisa tetap berpuasa, dengan sebelumnya sudah berkonsultasi ke dokter, ada beberapa kondisi yang membuat para diabetesi sebaiknya tidak berpuasa. Seperti apa?

“Kalau gula darahnya tidak stabil, ada riwayat ketoasidosis selama 3 bulan gula darahnya di atas 500 mg/dl dan pernah masuk ICU tidak dianjurkan berpuasa,” kata dr Herry Nursetiyanto, SpPD, FINASIM beberapa waktu lalu dan ditulis pada Sabtu (12/7/2014).

Selain itu, puasa juga tidak dianjurkan bagi diabetesi yang memiliki komplikasi serius, infeksi, dalam keadaan hamil, berusia lanjut dengan gangguan demensia, serta mengalami episode hipoglikemia lebih dari 2 kali.

Biasanya, episode hipoglikemi terjadi ketika kadar gula darah rendah di bawah 100 mg/dl sampai timbul rasa pusing, keluar keringat dingin, jantung berdebar, kesemutan, ada beberapa bagian tubuh yang kelu, kesdaran pun menurun hingga harus dilarikan ke RS.

dr Herry menganjurkan, bagi diabetesi yang diperbolehkan puasa pun sebaiknya melakukan pemeriksaan gula darah di seminggu awal puasa. Jika kadar gula darah di bawah 60 mg/dl atau di atas 300 mg/dl sebaiknya puasa dihentikan.

“Kalau seminggu pertama di bawah 60 mg/dl pasti makin sore makin drop gulanya, karena nggak mungkin energi yang ada untuk meningkatkan gula darah. Kalau di atas 300 mg/dl makin sore makin tinggi karena nggak ada energi yang dibakar sehingga dia memecahkan sendiri, gulanya naik jadi ketoasidosis,” papar dokter yang praktik di RS Puri Cinere ini.

Selain itu, pasien diabetes yang membutuhkan suntikan insulin lebih dari dua kali sehari juga tidak dianjurkan berpuasa. Sebab, gula darah yang bersangkutan cenderung tidak stabil. Begitu juga diabetesi yang membutuhkan dua kali suntik insulin dan konsumsi obat oral, tidak dibolehkan berpuasa.

Sumber : Detik.com


Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog