Kunyit Mampu Redam Risiko Diabetes | Info Diabetes Mellitus

Kunyit Mampu Redam Risiko Diabetes

January 20th, 2013 | Visited 3057 times, 5 so far today 0 Comments

Kunyit Mampu Redam Risiko DiabetesKunyit Mampu Redam Risiko Diabetes | Suplemen yang mengandung senyawa dalam kunyit diketahui dapat membantu mencegah diabetes pada orang-orang yang berisiko tinggi, demikian menurut sutau percobaan klinis.

Seperti dilansir Reuters Health baru-baru ini, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi kunyit dengan dosis harian selama lebih dari sembilan bulan bisa mencegah kasus baru diabetes di antara orang-orang yang disebut pradiabetes yakni mereka dengan kadar gula darah tinggi di atas normal yang dapat berkembang menjadi diabetes tipe 2. Ini adalah jenis diabetes yang terkait dengan obesitas.
Penelitian laboratorium menyebutkan bahwa kunyit dapat melawan radang dan apa yang disebut sebagai ‘kerusakan oksidatif’ pada sel tubuh. Kedua proses ini diyakini menjadi penyebab berbagai penyakit, termasuk diabetes tipe 2.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care ini diikuti oleh 240 orang pradiabetes dewasa Thailand yang secara acak ditugasi untuk mengonsumsi kapsul kunyit atau plasebo (kapsul terlihat identik tanpa bahan aktif).

Setelah sembilan bulan, 19 dari 116 konsumen plasebo mengidap diabetes tipe 2 sementara hanya 9 dari 119 pasien pengonsumsi kunyit yang mengalami kasus serupa.

Para peneliti, dipimpin oleh Dr Somlak Chuengsamarn dari Srinakharinwirot University di Nakornnayok, Thailand, melihat temuan sebagai suatu dukungan.

“Karena manfaat dan keamanannya, kami mengusulkan agar ekstrak kunyit dapat digunakan untuk terapi intervensi bagi penderita pradiabetes,” kata para periset itu.

Via: parentsguide.co.id


Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog