Lo Han Guo, Pemanis Alami Pertama yang Diakui FDA | Info Diabetes Mellitus

Lo Han Guo, Pemanis Alami Pertama yang Diakui FDA

April 27th, 2010 | Visited 122331 times, 1 so far today 0 Comments

monk fruit_(Lohanguo)

Sebuah berita menggembirakan untuk kaum diabetisi. Baru-baru ini FDA (US Food and Drug Administration) mengumumkan bahwa Lo Han Guo (Monk Fruit) merupakan pemanis alami yang pertama diakui sebagai konsentrat yang aman digunakan (GRAS : Generally Recognized As Safe). Artikel aslinya bisa anda baca disini.

Lantas apa itu Lo Han Guo? Nah… berikut artikel tentang buah Lo Han Guo yang dalam bahasa Inggrisnya disebut Monk Fruit.

Lo Han Guo adalah tumbuhan merambat yang berasal dari daratan Cina. Tanaman bernama Latin Memordicae grosvenori Swingla ini dibudidayakan seperti anggur. Bentuk buahnya seperti bola, berdiameter 4-6 cm. Buah yang mentah warnanya hijau tua, sedikit mengkilat. Sejak dahulu buahnya dipakai untuk mengobati batuk atau radang tenggorokan. Daunnya digunakan mengobati penyakit kulit, akarnya Untuk penyakit cacar, kulitnya buat luka tersayat pisau atau benda tajam lain. Buahnya punya khasiat jauh lebih besar ketimbang bagian lain dari tanaman ini.

Dijelaskannya, tanaman yang paling baik berasal dari Provinsi Guang Xi, Cina, tepatnya di Guilin, kota dengan pemandangan yang indah. Di kota itu terdapat gunung batu yang mengandung mineral, terutama kalsium. Tidak heran, luo han guo yang tumbuh di Guilin mengandung banyak mineral. Dari tempat inilah LO HAN KUO yang kita kenal dipasaran dalam bentuk kemasan diproduksi secara tradisional.

luo han guo

Buah lo han guo mentah tak bisa digunakan sebagai obat karena rasanya yang tidak manis. Setelah dipetik, jangan disimpan terlalu lama. Buah ini berkhasiat bila telah diolah. Kulit luarnya kering dan ringan, bila ditekan hancur. Di dalamnya seperti gumpalan busa berwarna kuning kecoklatan. Bila kulit luar kering dan dalamnya basah berarti buahnya sempurna, harus disimpan di dalam lemari es, supaya tidak berjamur,

Pada tahun 1983, seorang profesor di Jepang mengadakan penelitian dan menemukan bahwa lo han guo mengandung glucoside-terpene dan sedikit fruktosa, rasa manisnya 400 kali lipat dari gula pasir, tetapi tidak mengandung kalori. Setahun terakhir ini para ahli di sana meneliti kandungan, khasiat dan manfaat buah luo han guo untuk pengobatan. Dari penelitian yang telah dilakukan, buah lo han guo dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes mellitus, hipertensi, asma, batuk, tenggorokan kering, radang kulit, menurunkan berat, mencegah flek, keriput, jerawat, mencegah rambut rontok, penyakit lambung, alergi, mengurangi gejala penyakit menjelang menopause, kelainan pada uterus, melancarkan buang air.

Di dalam buku Siraitia Groseenorii karangan C, Jeffrey, disebutkan bahwa lo han guo rasanya manis, mempunyai sifat dingin, dan tidak beracun. Buah ini baik untuk mengobati penyakit paru dengan gejala demam dan batuk, dapat juga membantu kesehatan saluran cerna serta menghilangkan panas dan lendir tenggorokan. Selain itu, buah ini baik untuk organ hati dan pankreas, memulihkan tekanan darah dan kencing manis. Menurut Yuliana, sebuah luo han guo direbus dengan 2 liter air hingga berwarna kecoklatan, sekitar 25 menit. Bila campuran tersebut ditambah telur ayam dan diminum setiap pagi bermanfaat untuk mencegah suara serak dan radang tenggorokan. Ramuan ini cocok untuk penyanyi. Untuk mengobati radang tenggorokan, cukup dengan mengisapnya, layaknya permen.

Secara empiris buah ini juga mempunyai efek membuat kulit licin, mengkilat, dan tidak kering. Selain itu dapat pula digunakan sebagai obat diare, mengilangkan rasa lelah, alergi, meredakan sesak napas, asma, atau gatal karena gigitan serangga. Buah ini juga mampu membuat penglihatan lebih jelas, menghilangkan bau amis, serta rasa dingin pada kaki dan tangan, melunakkan daging atau tulang yang keras, dan membuat masakan menjadi lezat kata Yuliana.

Lo Han Guo bergabung dengan makanan lain pada saat penyerapan, dan mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sebuah luo han guo mengandung fruktosa yang setara 50-80 gram gula pasir. Satu gelas ramuan luo han guo mengandung 0,1 gram kadar fruktosa.

Konsumsi gula yang berlebih bisa menjadi pencetus kegemukan, yang tentu saja akan menimbulkan berbagai penyakit. Sebaliknya, lo han guo tidak membuat tubuh gemuk. Buah lo han guo mengandung vitamin A, B, C, D, E, betakaroten, serta fosfor, zat besi, kalsium, natrium, kalium, magnesium, dan zinc.

Saat ini LO HAN KUO dibuat dalam bentuk kemasan dari ekstrak kualitas tinggi pilihan LO HAN KUO dipadu dengan metoda sain modern.. Dikenal sebagai alternatif untuk pengganti minum teh. Dengan rasa, dan aroma khas dan dengan mudah bisa diabsorb oleh tubuh. Cocok untuk pria dan wanita, tua dan muda, dalam segala musim. Minum secara teratur dapat memperkuat liver, dan meningkatkan vitalitas. Lo Han Guo dapat dibeli setiap toko obat China.


Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog