Mata Sebagai Jendela untuk Melihat Kelainan Pembuluh Darah pada Penderita Diabetes | Info Diabetes Mellitus

Mata Sebagai Jendela untuk Melihat Kelainan Pembuluh Darah pada Penderita Diabetes

May 30th, 2009 | Visited 15454 times, 1 so far today 1 Comment

mata-diabetisiKencing manis atau diabetes mellitus dapat menimbulkan perubahan serius pada pembuluh darah di mata bagian belakang. Sekitar 60% dari penderita diabetes mengalami kerusakan pembuluh darah pada matanya. Salah satu dari pemeriksaan mata yang dilakukan oleh dokter spesialis mata adalah pemeriksaan retina, yaitu pemeriksaan yang dilakukan pada mata bagian belakang. Dengan pemeriksaan ini dokter spesialis mata dapat mendeteksi lebih awal adanya kelainan pada pembuluh darah mata yang merupakan tanda-tanda penyakit diabetes.

Salah satu komplikasi dari penyakit kencing manis adalah terjadinya kelainan retina mata. Sejak 1 Oktober 2005 di Jakarta telah didirikan Sentra Diabetik oleh Jakarta Eye Center untuk mendukung upaya penanggulangan kencing manis dan upaya penurunan angka kebutaan nasional yang saat ini diperkirakan besarnya 1,5% dari jumlah penduduk Indonesia.

Dokter-dokter yang tergabung dalam pusat layanan diabetes ini terdiri dari berbagai disiplin spesialis kedokteran. Antara lain spesialis penyakit dalam, spesialis penyakit mata, patologi klinik, dan ahli gizi.

Sentra ini bukan hanya menangani dan mengobati pasien penderita diabetes yang sudah terganggu penglihatannya dan melakukan deteksi dini, tetapi juga berfungsi sebagai pusat konsultasi bagi anggota masyarakat yang sehat agar mereka mampu mengenali gejala dan mencegah resiko yang bisa timbul apabila diabetes mellitus tidak mendapatkan perawatan yang baik atau asupan gizi yang pas.

Alasan pendirian Sentra ini, menurut Direktur JEC Prof. Istiantoro, karena mata adalah jendela untuk melihat adanya kelainan pembuluh darah pada penderita diabetes. Diabetes dapat menimbulkan perubahan serius pada pembuluh darah di mata bagian belakang. Sekitar 60% penderita diabetes mengalami kerusakan pembuluh darah pada retina matanya. Untuk itu, pemeriksaan retina oleh dokter spesialis mata merupakan salah satu jenis tindakan yang perlu dijalani oleh pasien.

Dengan berdirinya Sentra Diabetik ini, maka pelayanan kesehatan di Jakarta Eye Center menjadi lebih terpadu. Penyakit diabetes akan terdiagnosa lebih awal, dokter SpM dan dokter ahli penyakit dalam dapat bekerja sama untuk mengatasi diabetes secara dini.

Sentra Diabetik beranggotakan tim dokter yang terdiri dari spesialis penyakit dalam, spesialis penyakit mata, spesialis patologi klinik, dan ahli gizi. Center ini sengaja didirikan baik untuk melayani penderita diabetes dimana penderita telah mengalami gangguan pada penglihatannya, maupun bagi pasien yang tidak menderita diabetes namun disarankan untuk memeriksakan matanya secara teratur agar gejala penyakit diabetes maupun penyakit lain dapat terdeteksi lebih dini.

Alamat Jakarta Eye Center:

EC Patient Education Center
Jl. Cik Ditiro 46, Menteng, Jakarta10310
Tlp (62-21) 310 7434, 319 35600
Fax (62-21) 390 4601


Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

One Response to “Mata Sebagai Jendela untuk Melihat Kelainan Pembuluh Darah pada Penderita Diabetes”

  1. Mamik says:

    Piye kabare, sue aku ora mampir.
    Apik2 toh gula darah e?

 

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog