Menyusui Bayi Kurangi Risiko Diabetes | Info Diabetes Mellitus

Menyusui Bayi Kurangi Risiko Diabetes

December 27th, 2009 | Visited 36171 times, 1 so far today 0 Comments

Menyusui bayiBanyak penelitian menunjukkan bahwa menyusui bayi bisa mengurangi resiko terkena berbagai penyakit. Menyusui bayi tidak hanya bagus untuk kesehatan dan kecukupan nutrisi bayi tetapi juga bisa mengurangi resiko si ibu terkena diabetes.

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di jurnal Diabetes menyebutkan, menyusui selama sebulan bisa mengurangi risiko pradiabetes hingga setengahnya. Pradiabetes merupakan suatu kondisi yang bisa memicu diabetes.

Studi yang berlangsung selama 20 tahun ini menemukan, para ibu yang menyusui memiliki kadar lemak dan glukosa darah yang lebih sehat dibandingkan mereka yang menyusui bayi dengan botol.

Dalam studi ini, para peneliti melibatkan 704 perempuan yang sedang menunggu kelahiran anak pertama. Para peneliti melihat perkembangan sindorm metabolik (kondisi pradiabetes) selama 20 tahun setelah mereka melahirkan.

Hasil studi menunjukkan, menyusui bisa mengurangi risiko diabetes antara 39 dan 56 persen bergantung pada lamanya menyususi. Perempuan yang mengalami diabetes gestasional (memiliki glukosa darah tinggi selama kehamilan), bahkan mendapat perlindungan yang lebih besar di usia selanjutnya, dengan pengurangan risiko diabetes antara 44 dan 86 persen.

“Masih belum jelas bagaimana menyusui mengurangi risiko diabetes,” tutur Dr Erica Gunderson dari Kaiser Permanente care organisation di California, seperti dikutip situs dailymail. Menurut dia, efek ini tidak disebabkan oleh perbedaan penambahan berat badan, aktivitas fisik atau pola hidup sehat


Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog