Osteomielitis Pada Kaki Diabetik Tidak Selalu Harus Diamputasi | Info Diabetes Mellitus

Osteomielitis Pada Kaki Diabetik Tidak Selalu Harus Diamputasi

July 27th, 2009 | Visited 17010 times, 1 so far today 1 Comment

amputasi kakiKontroversi mengenai perlu tidaknya amputasi pada kaki diabetik yag disertai infeksi pada tulang masih berlangsung terus sampai saat ini. Di bagian bedah indikasi amputasi atau eksisi tulang mutlak dilakukan untuk mencegah penyebaran infeksi. Namun pada kenyataan dilapangan tidak semua pasien kaki diabetik mau dilakukan amputasi. Pada salah satu oral presentasi terdapat satu topik menarik yang memperlihatkan keberhasilan terapi konserfatif, tanpa operasi, pada ulkus diabetik yang disertai dengan osteomielitis.

Peneltiian yang dilakukan oleh Game FL, dkk di Nottingham University Hospitals Perancis ini melibatkan 147 pasien kaki diabetik dalam kurun waktu 5 tahun, dan dengan umur rata-rata 68,4 tahun. Terdapat 64,6 % osteomielitis pada tulang-tulang phalang, 27 % pada fore foot, 3,4 % pada mid foot, dan 4,7 % pada hind foot. Pada awal terapi diberikan antibiotik spektrum luas yang terdiri dari clindamycin dan quinolon atau amoxisilin clavulanic acid, kemudian diberikan antibiotic sesuai dengan hasil kultur dan tes resisitensinya. Evaluasi setelah 12 bulan memperlihatkan penyembuhan pada infeksi phalangs sebesar 77,8 % dan 80 % pada tulang lain. Secara keseluruhan osteomielitis yang sembuh tanpa operasi sebanyak 63,3 %, 23 % mengalami amputasi minor, 8,8% harus menjalani amputasi major (below knee atau above knee amputation). Lama pemberian antibiotic intra vena rata-rata selama 16 hari dan dilanjutkan antibiotic oral selama 61 hari

Sumber : www.perkeni.net


Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

One Response to “Osteomielitis Pada Kaki Diabetik Tidak Selalu Harus Diamputasi”

  1. silvi says:

    Ibu saya 69 thn menderita diabetes kaki.Saat ini beliau berada di RS.Pada telapak kaki kiri beliau terdapat luka yg sudah menganga.dokter memberi saran untuk dilakukan amputasi tp ibu saya menolak.
    Dimana saya bs membawa ibu saya untuk terapi Osteomielistis ini?
    Mohon infonya secepatnya.

    Terima kasih

 

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog