Pare, Obat Alternatif Untuk Kencing Manis – Diabetes | Info Diabetes Mellitus

Pare, Obat Alternatif Untuk Kencing Manis – Diabetes

February 4th, 2009 | Visited 29208 times, 4 so far today 9 Comments

PareBuah Pare (momordica charantia) atau Paria termasuk golongan sayuran buah. Pare termasuk tumbuhan merambat yang memerlukan penopang para-para atau tumbuhan lain sehingga tanaman ini memiliki alat penopang yang berbentuk pilin.

Dewasa ini, dengan berkembangnya ilmu dan teknologi bidang perbenihan telah dihasilkan beragarn varietas pare unggul hibrida dan non hibrida. Tanaman pare yang dibudidayakan dikelompokkan dalam tiga jenis, yaitu :

Pare putih (pare gajih atau pare Bodas)
Pare putih buahnya besar, berbentuk bulat panjang, warnanya putih, dengan permukaan kulit buah yang berbintil-bintil besar.

Pare hijau (pare gengge atau pare kodok)
Pare hijau berukuran lebih kecil, berbentuk lonjong, dan permukaan kulitnya berbintil-bintil halus.

Pare ular (pare belut)
Sedangkan pare ular berukuran sekira 60 cm panjangnya,berbentuk bulat,berwarna hijau dengan belang-belang putih mirip kulitular.Permukaan kulitnya halus, tidak ada bintil-bintilnya.

ParePengobatan kencing manis dengan pare ini hanya untuk penderita kencing manis yang masih dalam tahap ringan dan penyembuhannya tidak bergantung pada suntikan insulin. Biasanya, penderita pada tingkat ini masih memiliki kelenjar pankreas yang masih bisa menghasilkan hormon insulin. Diduga zatyang dapat menurunkan kadar gula darah dalam buah pare ini adalah sejenis glukosida, yaitu momordisin.

Pare mengandung kadar betakaroten dua kali lipat lebih banyak dari brokoli. Pare juga mengandung betakaroten yang sangat bagus untuk membasmi sel kanker, menghambat serangan jantung dan mengatasi infeksi karena virus.

Kadar kalsium pare juga tergolong tinggi, sehingga mampu menaikkan produksi sel-sel beta dalam pankreas untuk menghasilkan insulin. Bila insulin dalam tubuh mencukupi maka kemungkinan kadar glukosa yang membanjir dapat dicegah, sehingga kadar gula darah menjadi normal atau terkontrol.

Di beberapa negara terutama Jepang, Korea dan China, pare dimanfaatkan untuk pengobatan.  Pare yang muda digunakan sebagai obat diabetes, gangguan pencernaan, minuman penambah semangat, obat pencahar dan perangsang muntah. Bahkan diluar negeri Pare telah diekstrak dan dikemas dalam kapsul sebagai obat herbal kencing manis.

Khasiat pare lainnya yaitu, kandungan senyawa fitokimia lutein dan likopennya berkhasiat sebagai antikanker, antibiotika, antivirus, perangsang produksi insulin, penyeimbang tekanan darah dan kadar gula darah, perangsang nafsu makan dan pembasmi cacing usus.

Meskipun pare bergizi tinggi, namun sebaiknya jangan diberikan pada anak-anak dan wanita hamil. Karena anak-anak masih rentan terhadap pare, dikhawatirkan kadar gula anak akan anjlok.

Sedangkan wanita hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi pare karena buah ini mengandung senyawa yang dapat menggugurkan kandungan.

Cara membuat ramuan:
Buah pare diparut atau dihaluskan, lalu diambil ekstrak perasan buahnya. Perasan ini diminum tiga kali sehari sampai kadar gula darah kembali normal.

Bacar artikel lainnya tentang Petunjuk Menggunakan Pare Untuk Diabetisi

Jika Anda membutuhkan resep masakan dari Sayur Pare dapat membaca di:

Demikian informasi tentang Pare, Obat Alternatif Untuk Kencing Manis – Diabetes. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Pesan artikel via email

Pastikan selalu mendapatkan update terbaru dari blog ini, Masukkan email Anda: (Email Anda akan kami rahasiakan).

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda.

9 Responses to “Pare, Obat Alternatif Untuk Kencing Manis – Diabetes”

  1. suson says:

    memang obat yang murah dan mudah didapat

  2. sauson says:

    obat yang murah dan mudah didapat

  3. gigih says:

    wah tetanggaku ada bbrp yg kencing manis sdh lama itu bgm yah obat/terapinya? terima kasih oddie, dah mampir, dan ini jawabannya apa yah? :roll:

  4. enith says:

    mau cobain dh buat ibu ku ….. thx anyway buat infonya. :lol:

  5. Abel says:

    Ternyata banyak juga yah buah ato sayur yang sangat berguna untuk diabetesi. Gampang ditemukan dan ngga susah ngolahnya. Kebetulan aku suka dengan sop pare. Gak salah pilih deh.
    Ditunggu info lainnya ya.

  6. rika d says:

    Kalau ditumis boleh gak

  7. mamat kurniawan says:

    resep ini klo menurut anda banyak digunakan di beberapa negara pertanyaan nya apakah sudah ada bukti yg dihasilkan dari resep ini terutama orang indonesia sendiri

  8. admin says:

    Banyak penelitian ilmiah membuktikan bahwa pare memang sangat baik untuk menurunkan gula darah.

Trackbacks/Pingbacks

  • KBWA » Pengetahuan singkat tentang Diabetes
  • KBWA » Pengetahuan singkat ttg Diabetes
 

Leave a Reply to this Post

*

Facebook Fans Page
Kategori

Statistik Blog