Peran Adiponektin Dalam Resistensi Insulin | Info Diabetes Mellitus

Peran Adiponektin Dalam Resistensi Insulin

January 17th, 2009 | Visited 22138 times, 2 so far today 0 Comments

insulinApa itu resistensi insulin?
Resistensi insulin adalah suatu kondisi dimana konsentrasi insulin dalam tubuh sangat tinggi akan tetapi tubuh tidak memberikan respon yang semestinya terhadap kerja insulin, sehingga seakan-akan tubuh kita kekurangan insulin. Akibatnya gula darah yang terdapat didalam tubuh kita tidak dapat diseimbangkan atau kelebihan gula darah dan akhirnya seseorang dapat terkena penyakit kencing manis. Type kencing manis yang diakibatkan karena resistensi insulin digolongkan sebagai kencing manis type 2 atau diabetes mellitus type 2.

Apa itu adiponektin?
Saat ini telah ditemukan suatu protein yang terlibat dalam kondisi resistensi insulin yaitu ADIPONEKTIN.
Adiponektin merupakan salah satu protein yang memiliki efek yang penting dalam menjaga keseimbangan gula dan lemak. Adiponektin berfungsi didalam meningkatkan kepekaan/sensitivitas organ-organ tubuh terhadap insulin sehingga berperan dalam mengatur keseimbangan gula didalam tubuh. Pada kondisi normal, adiponektin akan menjaga keseimbangan gula darah melalui penurunan gula yang diproduksi oleh hati dan memaksimalkan penggunaan gula oleh organ-organ tubuh yang memerlukan gula sebagai sumber tenaga.

Konsentrasi adiponektin dalam tubuh akan menurun pada keadaan obesitas (kegemukan) dan resistensi insulin. Konsentrasi adiponektin banyak ditemukan rendah pada individu dengan resistensi insulin, terlepas daripada apakah mereka obesitas (kegemukan) atau tidak. Penemuan ini menunjukkan bahwa konsentrasi adiponektin yang rendah berperan langsung terhadap perubahan pengaturan keseimbangan gula dan penurunan sensitivitas insulin di hati.

Pemeriksaan Adiponektin juga bermanfaat untuk melihat risiko kencing manis dikemudian hari karena adiponektin berperan dalam menjaga keseimbangan metabolisme gula darah dalam tubuh. Individu yang memiliki faktor risiko adalah mereka yang mempunyai keluarga keturunan kencing manis. Mereka dapat melakukan pemeriksaan adiponektin ini untuk melihat kemungkinan terjadinya kencing manis dikemudian hari.


Gambar cara kerja Adiponektin

Peningkatan konsentrasi adiponektin berkaitan dengan pengaturan konsentrasi gula yang lebih baik, profil lemak yang lebih baik dan penurunan peradangan (inflamasi) kronis pada individu dengan resistensi insulin dan penderita kencing manis. Penentuan konsentrasi adiponektin sangat penting untuk menentukan risiko Penyakit Jantung Koroner (PJK) pada penderita kencing manis.


Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog