Persatuan Diabetes Indonesia – Persadia | Info Diabetes Mellitus

Persatuan Diabetes Indonesia – Persadia

July 10th, 2008 | Visited 22613 times, 9 so far today 25 Comments

Artikel ini saya tulis 15 menit setelah saya mengunjungi situs resmi Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia).

Sejak pertama saya menulis blog tentang DM, saya berusaha mencari situs resmi asosiasi, organisasi atau sejenisnya tentang DM di Indonesia. Tapi mungkin search engine lagi tidak bersahabat dengan situs Persadia, sehingga alamat situs Persadia tidak nongol-nongol juga, mungkin saya salah pakai keyword.
Tapi hari ini saya sedikit ngotot melakukan searching, akhirnya ketemu juga yang namanya “Persadia”.

Berikut saya salin sedikit Profile Persadia:

“Adanya kesadaran akan tanggung jawab dan kehendak luhur guna mendaya gunakan serta meningkatkan kesejahteraan diabetisi, mendorong para dokter, petugas kesehatan yang lain, dan para simpatisan, untuk membentk satu organisasi sosial diabetes tingkat nasional. Karena itu, dalam Kongres Nasional Pertama di Bandung, tanggal 1 Juli 1986 Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA) disahkan.

PERSADIA mempunyai wakil ditiap unit RS, kantor, dan Puskesmas. Pengurus Besar PERSADIA saat ini bertempat di Jakarta dan telah memiliki anggota yang tersebar di 53 cabang di seluruh Indonesia.
Pengurus Besar PERSADIA saat ini bertempat di Jakarta dan telah memiliki anggota yang tersebar di 10 wilayah, 91 cabang dan 169 unit/club Persadia di seluruh Indonesia. Untuk melihat lokasi cabang Persadia, silakan klik pada gambar kepulauan Nusantara berikut.

Tiap-tiap cabang membawahi unit masing-masing dan secara rutin mengadakan kegiatan seperti pelatihan senam diabetes Indonesia seri I dan II setiap 1-2 kali/minggu, penyuluhan regu oleh para edukator diabetes yang terdiri dari 5-10 orang penderita. Ditingkat cabang, wilayah, dan pengurus besar PERSADIA secara rutin 1-2 kali/tahun mengadakan pelatihan instruktur senam diabetes Indonesia dan seminar-seminar untuk diabetisi, dengan mengikuti tema-tema hari diabetes nasional dan sedunia.”

Kalau anda membaca posting saya kemarin 9-Juli-2008 tentang Asosiasi Diabetes di dunia, dimana disitu saya sajikan url-url Asosiasi Diabetes di dunia, Indonesia tidak termasuk didalamnya, padahal ternyata kita mempunyai Persadia.

Kalau anda mau iseng-iseng kunjungi situs yang ada diluar sana, cobalah perhatikan situs-situs disana itu berisi content-content yang sarat dengan informasi edukasi DM.

Kalau anda mau kunjungi situs Persadia ini url-nya: http://www.persadia.org/

Demikian informasi tentang Persatuan Diabetes Indonesia – Persadia. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Pesan artikel via email

Pastikan selalu mendapatkan update terbaru dari blog ini, Masukkan email Anda: (Email Anda akan kami rahasiakan).

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda.

25 Responses to “Persatuan Diabetes Indonesia – Persadia”

  1. rudy says:

    mohon informasi tentang obat penurun gula darah yg melebihi batas normal dan dimana dijual obat tersebut..?
    adakah club atau perkumpulan sesama anggota penderita diabetes..?
    thanks atas jawabannya…

  2. Achmad Tadjudin Noor says:

    Saya kebetulan juga Anggota Persadia dari Rumah Sakit PELNI PETAMBURAN
    Saya tertarik dengan Website ini agar datap banyak Informasdi tentang bagaimana menghadapi penyakit Diabetes ini yang murah tepat dan aman.
    Karena penderita Diabetes ini tentunya bukan orang2 mampu semua. Banyak sekali penderita yang tidak mampu dan harus diberi pengarahan sesuai dengan kemampuannya.
    Ok Terima Kasih bagi Bapak/Ibu Pengurus Persadia.

  3. ayu agustin says:

    HEBAT….Selama ini cari2 segala sesuatu mengenai diabetes berbahasa indonesia cuma ada di web ini!
    ayu agustin

  4. Sudirman says:

    Dengan pemrakarsa dr. Mat Suwito Sp. PD dan beberapa dokter, baru2 ini telah dibentuk perkumpulan penderita diabet Kabupaten Merauke dengan beberapa pengurus, dengan dibentuknya kepengurusan ini diharapkan bisa ditingkatkan menjadi Persadia Cabang Merauke setelah ketentuan dan persyaratan organisasi dipenuhi

  5. Selamat atas berdirinya Persadia Cabang Merauke.
    Anda bisa mengirimkan informasi lengkap tentang Cabang Persadia di kota Anda kepada saya dan saya akan sediakan halaman khusus untuk menampung seluruh alamat dan informasi cabang2 Persadia di seluruh Indonesia.

  6. renta siahaan says:

    mohon informasi, apakah ada yayasan atau club yang bisa membantu pasien dengan DM Juvenile, kalau ada, apakah ada bantuan untuk pasien yang tidak mampu? terima kasih

  7. ali samil says:

    Energy bumi beda dgn energy di planet lain, disebut juga sebagai liveforce energy yg berperan dlm proses metabolisme didalam tubuh, sehingga dapat dikatakan bahwa mahluk hidup hanya ada di bumi dalam jajaran galaksi bima sakti, KOMPAS 9 Nov 2010, Prof J O’Brien, mantan kepala peneliti NASA.
    Kerusakan alam, radiasi listrik, HP dan polusi sangat merusak liveforce energy, sehingga kematian akibat penyakit tdk menular meningkat mencapai hampir 70%.
    Bagi penderita diabetes dan darah tinggi dapat melakukan treatment dengan berjalan ditanah dan rumput tanpa alas kaki, sehingga telapak kaki menmyentuh kulit bumi yg memancarkan energy (EARTHING), tentu dibarengi dengan perbaikan pola hidup, GRATIS, selamat mencoba…LIMASILA.

  8. Heru Kusumanto says:

    Mohon saya diberi contoh AD/ART, untuk membentuk club2 penyakit lain yang kasusnya banyak, dan termasuk penyakit tidak menular.
    Terima kasih

    Heru Kusumanto

  9. Heru Kusumanto says:

    Saya memerlukan struktur organisasi Persadia, AD dan ART nya. Akan saya pakai sebagai acuan untuk membentuk club penyakit lain yang terkategori tidak menular teta[i kasusnya banayak di INdonesia.
    Terima kasih

    Heru Kusumanto

  10. admin says:

    Terima kasih atas infonya. Info bapak sangat bermanfaat.

  11. Dr Sandy Qlintang says:

    Bagi penderita diabetes, waspada terHadap komplikasi gangguan fungsi ginjal. Kontrol kadar gula teratur dan fungsi ginjal anda

  12. admin says:

    Terima kasih dokter Sandy yang telah mengunjungi blog kami ini.

  13. indra says:

    kalau komunitas dm gestational di mana ya??

  14. thity says:

    tolong di infokan data terbaru penderita DM setiap provinsi

  15. armando says:

    Hello semua….jangan kuatir anda kena penyakit diabetes…
    Dulu kalau manusia kena penyakit diabetes, sudah tidak ada harapan lagi apalagi orang miskin karena tidak bisa bili Insulin…
    tapi sekarang meskipun orang biasa atau orang miskin, sudah bisa sembuh tanpa menggunakan Insulin.
    Rahasia nya adalah mengkonsumsi banyak sayuran, buah-buahan dan jamur tiap hari..

  16. admin says:

    Kayaknya belum ada deh di negara kita, mungkin karena diabetes gerstational hanya dialami kaum wanita ketika hamil dan hanya bersifat sementara dan akan hilang seteah melahirkan sehingga bukan (mungkin) merupakan ancaman serius.

  17. admin says:

    Sangat diperoleh data resmi penderita diabetes di seluruh indonesia. Kalau Anda bisa mendapatkan sangat baik untuk diinfokan kepada rekan2 diblog ini. Thanks

  18. Achmad Haryadi Sulaiman says:

    untuk rekan-rekan penderita diabetes. cegah segera agar tidak terjadi konflikasi dengan penyakit lain…

  19. Abdul Choliq Amin says:

    Ok tks adanya blog ini muda mudahan bermanfaat untuk semua pihak.
    Salam, abduh.

  20. Yance says:

    Saya ingin berbagi pengalaman tentang penyakit diabetes yang saya alami. Saya kena penyakit diabetes tahun 2010 pada umur 62 tahun, Pada waktu itu apabila saya main komputer/internet hanya mampu main 3 jam karena mata sudah lelah/perih dan pinggang sakit.

    Sesudah mendapat informasi dari kawan dan ikut latihan Seni Pernapasan Usik Budi Bawana selama 1 bulan, pada bulan Juli 2013 saya bisa tahan main komputer/browsing internet 5-6 jam tanpa keluhan lelah dan pegal. Tanda tanda penyakit diabetes seperti mudah lelah, sering merasa haus dan lapar, sering buang air kecil/beser, siang hari sering mengantuk, semuanya hilang dalam waktu 3-4 bulan latihan. Bawa mobil/nyetir 12-15 jam sehari kuat kembali, sebelumnya hanya mampu max.4 jam, badan sudah lelah/mengantuk dan konsentrasi menurun.

    Dalam waktu 5-6 bulan latihan terjadi hal yang mengagetkan, pada waktu tidur malam hari menjelang subuh, bisa ereksi kembali yang menandakan kondisi tubuh sudah pulih/sehat dan normal kembali. Sekarang “semangat hidup” bangkit kembali. Umur saya sekarang 66 tahun, terasa lebih bugar dari ketika umur lima puluhan.

    Selain diabetes banyak dari teman teman saya yang sembuh dari penyakit jantung – ada yang jalan beberapa langkah saja napas sudah megap megap/ngos ngosan sekarang sembuh – ada yang menurut dokter harus dioperasi pasang ring, sekarang tanpa pasang ring sudah normal kembali. Beberapa yang menderita darah tinggi yang menahun sudah sembuh. Ada pula yang menderita leukemia sesudah 2,5 bulan latihan sembuh total. Dan masih banyak penyakit penyakit lain yang berhasil sembuh. Seni Pernapasan Usik Budi Bawana dari Bandung ini bisa juga dipakai untuk bela diri.

    Mudah mudahan informasi ini bermanfaat bagi teman teman sesama penderita diabetes maupun penyakit penyakit lainnya. Semoga Tuhan memberkati kita semua. Untuk mempermudah penyebaran informasi ini saya tidak keberatan identitas saya dicantumkan.
    Yance, Bandung – Hp. 0817 200 750 dan 0852 2096 9023

  21. admin says:

    Terima kasih Anda telah membagikan informasi yang bagus semoga bermanfaat bagi kita semua.
    Salam

  22. Amelia says:

    Maaf , saya mau tanya. saat ini seberapa banyak sih remaja yang kena diabetes ? krn diabetes kini dapat menyerang remaja akibat gaya hidup yang tidak sehat khususnya akibat pola makan.
    yang tahu mohon informasinya
    terimakasih :)

  23. Adi Success says:

    Salam sehat bagi semua,
    perkenalkan saya Adi dari Bandung. saat ini kami sedang concern dengan program “Indonesia bebas diabetes” , suatu program sosial dimana peserta (khususnya yg beresiko diabetes) mendapatkan edukasi seputar diabetes (dari A-Z) , edukasi tentang pola makan, pola hidup serta pengecekan gula darah langsung ditempat. program ini kami selenggarakan secara GRATIS kepada komunitas yang menaruh kepedulian terhadap pengidap diabetes. Info lebih lanjut silahkan hubungi saya 0856 221 4553 / 081 220 720 789 .

  24. admin says:

    Terima kasih atas kepedulian Anda. Tapi mohon diingat bahwa pasien diabetes adalah seorang pesakitan, jadi mohon jangan memanfaatkan pasien diabetes untuk tujuan komesial untuk mencari keuntungan sepihak.

  25. try says:

    Mohon informasi,di jakarta dmn tmptny perkumpulan untuk penderita diabetes?

 

Leave a Reply to this Post

*

Facebook Fans Page
Kategori

Statistik Blog