Petunjuk Memilih Alat Test Gula Darah (Glucose Meter) | Info Diabetes Mellitus

Petunjuk Memilih Alat Test Gula Darah (Glucose Meter)

June 6th, 2010 | Visited 69620 times, 7 so far today 3 Comments

Mungkin Anda akan terkejut kalau saya mengatakan bahwa alat test gula darah (glucose meter) saat ini ada puluhan merk. Atau mungkin sebagian belum beredar di negara kita, sehingga yang kita kenal hanya merk-merk tertentu saja.

Saya mencoba mencari via internet produksen dan merk apa saja alat test gula darah (glucose meter) yang saat ini tersedia. Wow… hasilnya sungguh mengejutkan! Saya berhasil menemukan sebanyak 35 produksen dan masing-masing produksen mengeluarkan beberapa jenis/type. Jadi kalau saya pukul rata setiap produksen mengeluarkan 2 type saja, itu berarti dipasaran paling tidak akan ada 70 type alat test gula darah (glucose meter).

Bagi penyandang diabetes sangat dianjurkan memonitor kadar gula darahnya setiap hari. Jadi adalah sebuah keputusan yang bijaksana bila Anda membeli sebuah alat test gula darah (glucose meter) agar supaya bisa monitoring kadar gula darahnya setiap hari (sangat dianjurkan). Tentu saja Anda akan bertanya merk apa yang terbaik, bukan?

Berikut saya berikan beberapa petunjuk yang bisa Anda pertimbangkan ketika memilih sebuah alat test gula darah (glucose meter).

  1. Harga meter:
    Semakin murah akan lebih baik, selama test strip tidak sangat mahal! Tapi hati-hati dengan kwalitas meter dan stripnya.
  2. Harga test strip:
    Semakin rendah semakin baik, asalkan kualitas performa dan test strip tidak mudah/sering rusak untuk mendapatkan hasil test. Ada merk tertentu test stripnya sering gagal.
  3. Kemudahan pemeliharaan meter:
    Apakah ada pembersihan tertentu yang diperlukan karena setetes darah kering bisa mengganggu fungsi meter itu?
  4. Memakan tempat penyimpanan:
    Bila bepergian, Anda bisa merasa nyaman dengan hanya menyimpan dalam tas kecil Anda?
  5. Bisa diklaim ke perusahaan asuransi:
    Jika Anda memiliki asuransi kesehatan, coba perhatikan apakah klaim asuransi Anda mencakup biaya hanya satu merek, dan apakah merk tersebut adalah yang terbaik untuk Anda?
  6. Mudah digunakan:
    Alat test gula darah harus mudah digunakan, terutama bagi mereka yang sering mengalami hipoglikemik (kadar gula darah rendah).
  7. Ukuran:
    Semakin kecil lebih baik, dengan asumsi tombol yang cukup besar dan tampilan layar yang cukup besar untuk meyakinkan Anda akan dapat menggunakannya.
  8. Waktu test cepat.
  9. Memori besar.
    Agar supaya bisa menyimpan data test yang banyak.
  10. Koneksi ke komputer:
    Bisa dihubungkan ke komputer Anda sendiri atau komputer dokter, dan / atau sistem pelacakan berbasis web. Mudah untuk menggunakan perangkat lunak jika men-download ke komputer Anda sendiri.
  11. Akurasi:
    Apakah hasil testnya akurat? Anda boleh membandingkan hasil test laborat Anda dengan hasil test glucose meter yang Anda miliki.
  12. Bisa dipercaya:
    Apakah hasil testnya bisa dipercaya setiap kali melakukan test? Jika Anda melakukan dua kali test gula darah berturut-turut, apakah hasil testnya akan sama atau hampir sama? (kadangkala ada yang kurang stabil)
  13. Perusahaan reputasi:
    Apakah dibuat oleh perusahaan besar yang sudah ada lama dan baik, dan memiliki reputasi?
  14. Ketersediaan test strip:
    Meter yang baik adalah perusahaan pembuatnya menjamin ketersediaan test stripnya.
  15. Check masa kadaluwarsa strip
    Perhatikan masa kadaluwarsa strip! Strip yang sudah kadaluawarsa akan memberikan hasil test yang tidak akurat. Strip yang sudah terbuka dari kemasan (hampa udara) harus dihabiskan dalam jangka waktu tertentu.
  16. Ukuran sampel darah kecil:
    Hanya membutuhkan setitik kecil darah untuk melakukan test.
  17. Alternatif lokasi pengambilan sample darah:
    Dimungkinkan mengambil sample darah tidak selalu harus di ujung jari tangan. Bisa mengambil sample darah dari bagian tubuh lainnya.
  18. Mampu bekerja dalam suhu panas atau dingin.
    Glucose meter menggunakan komponen yang sangat sensitif terhadap kondisi suhu. Perbedaan suhu udara akan memberikan hasil test yang berbeda.
  19. Apakah akan terinterfrensi terhadap gelombang radio atau sejenisnya?
    Ada sebagian glucose meter bisa terinferensi terhadap gelombang radio dalam jarak tertentu sehingga hasil testnya bisa kacau. (Saya pernah menemukan glucose meter yang didalam buku petunjuknya mengharuskan alat tersebut dijauhkan dari komputer, handphone atau medan magnit dan sejenisnya).
  20. Rekomendasi oleh seorang ahli:
    Sebagian besar dokter, perawat, pendidik dan pengguna diabetes telah menggunakan sekelompok meter selama bertahun-tahun, dan dapat memberikan saran tentang fitur yang terbaik bagi Anda.
  21. Satuan ukuran yang digunakan.
    Untuk beberapa merk tertentu hanya menyediakan satu satuan ukuran. Check apakah glucose meternya bisa menggunakan satuan ukuran mmol/L dan mg/dL.
  22. Kemampuan minimal dan maksimal memberikan hasil test kadar gula darah.
    Ada sebagian glucose meter hanya menunjukkan angka maksimal misalnya 400 mg/dL.
  23. Dan akhirnya, fitur apa saja yang paling penting dan terbaik untuk Anda.

Bacaan penting lainnya : FDA Larang Gunakan Glucose Meter GDH-PQQ

Saya sangat berterima kasih jika Anda mempunyai account Facebook.com atau Twitter.com tolong disebarluaskan di Facebook dan Twitter.

Demikian informasi tentang Petunjuk Memilih Alat Test Gula Darah (Glucose Meter). Semoga bermanfaat bagi Anda.

Pesan artikel via email

Pastikan selalu mendapatkan update terbaru dari blog ini, Masukkan email Anda: (Email Anda akan kami rahasiakan).

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda.

3 Responses to “Petunjuk Memilih Alat Test Gula Darah (Glucose Meter)”

  1. diane says:

    Bisa tolong kasi tau/email merck apa yg paling bagus? kebetulan sedang mencari alat mana yg paling bagus, untuk ayah saya. beliau memiliki diabetes sudah cukup lama tapi belakangan sudah pernah mengalami drop/hypoglacemia sehingga harus ke rumah sakit. sy hanya tahu 2 merk yaitu GlucoDr and Accu-Check. mungkin bisa bantu suggest? thanks!

  2. admin says:

    Memang dengan banyaknya merk yg terdapat dipasaran bisa membingungkan. Secara umum di negara kita accu check sudah cukup memadai.

  3. sari says:

    Bagaimana dengan nesco gcu?

 

Leave a Reply to this Post

*

Facebook Fans Page
Kategori

Statistik Blog