Pompa Insulin Untuk Penderita Kencing Manis – Diabetes | Info Diabetes Mellitus

Pompa Insulin Untuk Penderita Kencing Manis – Diabetes

September 21st, 2008 | Visited 24828 times, 2 so far today 0 Comments

Insulin | Secara umum penanganan penyakit kencing manis adalah bagaimana menjaga kadar glukosa dalam peredaran darah tetap dalam keadaan seimbang. Untuk menjaga keadaan yang seimbang itu perlu upaya-upaya khusus seperti:

  1. mengotrol kadar makanan yang berkarbohidrat tinggi (pada tahap awal menderita penyakit ini)
  2. bila dimana kadar glukosa tidak bisa terkontrol dengan makanan (pada tahap lanjut menderita penyakit ini) maka perlu mengontrol dengan cermat kadar glukosa dengan alat kontrol glukosa (bila perlu setiap hari) serta memberi cakupan insulin untuk tubuh dengan minum obat-obat khusus untuk penderita diabetes misalnya “Daonil”, atau dengan suntikan preparat insulin dengan jarum suntik atau pena insulin, ataupun dengan alat yang super canggih “pompa insulin”.

Mengapa Pompa Insulin?

Pompa Insulin adalah sebuah alat yang didesign khusus untuk penderita penyakit kencing manis dimana penderita dapat mengontrol sendiri cakupan insulin per hari yang diberikan untuk tubuhnya setelah mengontrol kadar glukosa hariannya. Pompa insulin punya banyak manfaatnya dibanding alat konvensional seperti insulin lewat jarum suntik ataupun pena insulin. Keuntungannya antara lain:

  1. Mudah dibawa kemana-mana karena ukurannya yang sebesar handphone.
  2. Dapat dilakukan oleh siapa saja setelah diberi petunjuk oleh dokter atau perawat medis.
  3. Tidak sakit untuk dimasukkan ke dalam tubuh, karena jarumnya yang sangat kecil dan halus sehingga dengan mudah ditanam di kulit perut dan dengan selang disambungkan ke pompa insulin.
  4. Mudah mengontrol kebutuhan insulin karena dapat dilihat dilayar pompa tersebut berapa kebutuhan insulin perhari setelah mencek glukosa harian.
  5. Data yang tersimpan dapat dikontrol dengan cermat karena alat ini dapat disambungkan dengan komputer pribadi lewat kabel-USB sehingga penderita kencing manis dapat melihat grafik kebutuhan insulinnya dalam jangka waktu tertentu dan data ini dapat didiskuisikan dengan dokternya.
  6. Sangat dianjurkan untuk dipakai pada penderita diabetes tipe II dengan glukosa yang tidak menentu.

Apa alat ini ada juga kelemahannya?

Walaupun alat ini punya kelemahan tapi lebih banyak keuntungannya, kelemahannya yang utama adalah masalah teknis, bila baterei sudah habis, harus sesegera mungkin diganti dalam 24 jam, makanya harus selalu ada baterei cadangan, demikian pula bila ampul insulin itu habis sesegera mungkin diganti dengan yang baru. Perhatian untuk penderita kencing manis yang sering bepergian dengan pesawat udara, alat ini tidak boleh lewat pintu detektor karena bisa merusak pompa insulin tersebut, makanya alat ini selalu disertai dengan Insulin Card untuk penderita untuk diperlihatkan kepada petugas di bandara.

Gambar bermacam-macam pompa insulin dapat anda lihat di Gallery Foto.

Sumber : www.telukbone.org


Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog