Puasa Sehat bagi Penderita Diabetes | Info Diabetes Mellitus

Puasa Sehat bagi Penderita Diabetes

August 20th, 2009 | Visited 16986 times, 1 so far today 1 Comment

puasa-diabetes1KENCING MANIS atau DIABETES bukan penghalang untuk menjalani ibadah puasa. Tentunya jika diabetes terkontrol dengan baik. Hal ini disampaikan oleh dr. Kasim Rasjidi, SpPD,  dari rumah sakit Asri, dalam seminar bertema sehat berpuasa bagi penderita diabetes di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Puasa, terang Kasim, sangat bermanfaat bagi kesehatan. Puasa berfungsi untuk membersihkan racun-racun dari dalam tubuh, meremajakan tubuh, menurunkan berat badan, memurnikan pikiran, mencegah penuaan, dan membuat hidup lebih gembira.  Dengan berpuasa, lanjut Kasim, pola makan akan menjadi lebih teratur, kebiasaan merokok terkurangi, pikiran menjadi lebih tenang dan jauh dari stres.

Bagaimana dengan pengidap diabetes?
Menurut Kasim, manfaat puasa juga bisa dirasakan oleh pengidap diabetes. “Tetapi pastikan dulu mengontrol diabetes tersebut. Diabetes dikatakan terkontrol, terang Kasim, apabila dengan terapi obat tertentu kadar gula darah bisa berada pada rentang normal (70-100 saat puasa). Sedangkan mereka yang masih mencoba-coba obat tertentu untuk menormalkan gula darah, berarti belum terkontrol.

Selain itu, terang dia, yang tidak kalah pentingnya adalah memperhatikan jumlah asupan kalori  dan sumber asupan kalori. Sumber kalori, menurut dia, sebaiknya dipilih lebih banyak dari makanan yang mudah dicerna, seperti sayur dan buah. “Sayur dan buah bisa diserap dengan baik dalam waktu 15 menit dan menyediakan energi bagi tubuh.”

Ia juga mengatakan bahwa pengidap diabetes dianjurkan untuk melakukan latihan puasa sebelum menjalani ibadah puasa. “Cara ini bisa membantu menemukan dan menyesuaikan jenis terapi insulin dan dosis yang tepat.”

Hipoglikemia dan Hiperglikemia

Saat ditanya kemungkinan hipoglikemia (kadar gula darah rendah, kurang dari 60)  dan hiperglikemia (kadar gula darah tinggi), Kasim menuturkan kalau pasien diabetes lebih baik mengalami sedikit kenaikan kadar gula darah (di bawah 200) dibandingkan hipoglikemia. Hipoglikemia, terang dia, akan menyebabkan otak kekurangan energi dalam menjalankan fungsinya.”Hal ini bisa menyebabkan kerusakan otak yang tidak bisa dipulihkan.”

Hipoglikemia, terang dia, ditandai dengan tubuh gemetar, keringat dingin, dan lemas. Dan jika ini terjadi, terang dia, pastikan pasien diabetes segera mengonsumsi makanan yang mengandung gula untuk mendongkrak kadar gula darah. Bagaimana dengan hiperglikemia? Hiperglikemia, menurut dia, ditandai dengan sering buang air kecil akibat glukosa yang menarik cairan dari tubuh. “Hal ini juga harus cepat ditangani.”

Kasim juga menganjurkan agar pengidap diabetes tetap berolahraga. Olahraga ini, menurut dia, ada baiknya dilakukan sebelum berbuka puasa. “Menjelang berbuka biasanya badan akan terasa lebih segar.”

Intinya, terang Kasim, pasien diabetes bisa menjalani ibadah puasa setelah memastikan diabetes mereka terkontrol dengan baik. “Pasien diabetes sebaiknya sudah terkontrol 2 minggu sebelum menjalani ibadah puasa.”

Sumber : Rabu, 19 Agustus 2009 | MEDIA INDONESIA, KESEHATAN, Halaman 16.

Baca artikel lainnya tentang Puasa Bagi Penderita Kencing Manis – Diabetes

Demikian informasi tentang Puasa Sehat bagi Penderita Diabetes. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Pesan artikel via email

Pastikan selalu mendapatkan update terbaru dari blog ini, Masukkan email Anda: (Email Anda akan kami rahasiakan).

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda.

One Response to “Puasa Sehat bagi Penderita Diabetes”

  1. healthiness says:

    info yang bagus mas…selamat ramadhan yah..eh boleh tukeran link gak???kontak saya yah kalo boleh..

 

Leave a Reply to this Post

*

Facebook Fans Page
Kategori

Statistik Blog