Rajin Sarapan Bisa Cegah Diabetes | Info Diabetes Mellitus

Rajin Sarapan Bisa Cegah Diabetes

October 27th, 2012 | Visited 3202 times, 3 so far today 2 Comments

Rajin Sarapan Bisa Cegah DiabetesRajin Sarapan Bisa Cegah Diabetes | Para ahli gizi sepakat bahwa sarapan adalah waktu makan paling penting dalam sehari. Hasil penelitian terbaru mengungkapkan bahwa orang yang rutin sarapan setiap hari lebih rendah risikonya terkena diabetes, obesitas, atau menimbun lemak perut.

Pola makan teratur tiga kali sehari sangat dianjurkan dibanding pola makan random karena bisa memicu kegemukan dan bisa membuat gula darah cepat naik dan turun.

“Memang secara ilmiah belum terbukti bahwa sarapan saja akan menurunkan risiko diabetes, mungkin saja mereka yang selalu sarapan juga mengadopsi gaya hidup sehat lainnya,” kata Robert E.Ratner, MD, dari American Diabetes Association.

Sebuah penelitian manfaat sarapan dilakukan terhadap lebih dari 5.000 pria dan wanita, seluruhnya tidak menderita diabetes ketika penelitian dimulai. Selama kurun waktu 18 tahun mereka diikuti. Hasilnya, mereka yang sarapan setiap hari risikonya menderita diabetes 34 persen lebih rendah, demikian juga dengan risiko obesitas yang kurang dari 43 persen dan memiliki lemak perut.

Sementara itu orang yang agak rutin sarapan (4-6 kali seminggu) juga lebih rendah risikonya terkena diabetes (24 persen).

Mengenai jenis sarapannya sendiri, disebutkan tidak ada satu jenis sarapan yang lebih unggul. Namun para ahli menganjurkan agar menu sarapan juga mengandung sayuran, protein, karbohidrat kompleks, serta susu rendah lemak.

Sumber : kompas.com


Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

2 Responses to “Rajin Sarapan Bisa Cegah Diabetes”

  1. Grivin says:

    You have really given good information. Though i can not understand your language but i have translated it in engligh and found it awesome and useful. Do you have any site for diabetes in English.

  2. admin says:

    Unfortunately I did not have any English site. Thanks for your visit.

 

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog