Sepuluh Gejala Kencing Manis – Diabetes | Info Diabetes Mellitus

Sepuluh Gejala Kencing Manis – Diabetes

September 22nd, 2008 | Visited 306630 times, 15 so far today 59 Comments

Sepuluh Gejala Kencing Manis – Diabetes | Mungkin sudah jodoh saya harus menulis tentang penyakit diabetes. Ini sebuah kejadian yang saya alami diluar dugaan saya, berikut kisah nyata saya tuangkan disini.

Tepatnya pada hari Sabtu, 20 September 2008, jam 7.30 wib, saya mengantar anak pertama saya ke sebuah rumah sakit swasta untuk memeriksa rasa sakit yang dialami dibawah pusarnya. Dari hasil diagnosa dokter diperkirakan anak saya menderita usus buntu, oleh sebab itu untuk memastikan hal tersebut saya lakukan pengecekan USG dan rontgen dirumah sakit swasta tersebut. Hasil USG dan rontgen menunjukkan anak saya positif usus buntu. Lalu saya urus pemondokkan di rumah sakit tersebut karena pada sore hari itu juga harus dilakukan operasi usus buntunya. Ternyata semua kamar pemondokkan lagi penuh, lalu anak saya terpaksa ditempatkan diruang Maria Lantai 5, ternyata diruang Maria Lantai 1 (satu) itu adalah tempat pemondokkan pasien diabetes mellitus. Pada hari pertama saya masih belum tahu, tapi tadi pagi 22 September 2008 saya baru menyadari setelah saya mau pulang kerumah setelah semalam menunggui anak saya. Setelah sampai lantai 1 (satu) saya lihat banyak sekali poster-poster tentang diabetes, lalu saya tanya kepada suster-suster yang lagi bertugas, dan ternyata memang lantai 1 (satu) itu adalah untuk pasien diabetes.

Ada satu poster yang menarik perhatian saya tadi pagi yaitu sebuah poster tentang 10 (sepuluh) gejala diabetes. Lalu saya foto satu persatu gambar poster tersebut dan setelah saya lakukan sedikit editing gambarnya lalu saya postingkan disini. Ini sebuah cara sosialisasi tentang penyakit diabetes yang baik.

Demikian informasi tentang Sepuluh Gejala Kencing Manis – Diabetes. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Pesan artikel via email

Pastikan selalu mendapatkan update terbaru dari blog ini, Masukkan email Anda: (Email Anda akan kami rahasiakan).

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda.

59 Responses to “Sepuluh Gejala Kencing Manis – Diabetes”

  1. apun says:

    duh takut ni kena diabet, ada tujuh gejala ni yg ku rasakan. mencegahnya gimana nih sebelum di fonis. :?: :twisted: :twisted: :twisted:

  2. lyn says:

    huuu..takut juga nih saya >.< .. ada 1 gejala sih yg saya alami..
    kaki gatel2 nih..=(

  3. Stephanie says:

    kalauu ada 3-4 gejala yg mirip, itu berarti positif kencing manis atau tidak?? atau??

    tolong dijawb ke email saya:
    stephanie_rozak@hotmail.com

    thank you ya

  4. Author says:

    Pro Stephanie:
    Pertanyaan anda diatas udah saya jawab langsung ke email anda.
    Salam

  5. website dunia veteriner says:

    Nice informasi ….
    salam berkunjung balik …

  6. Author says:

    Pro : Putra,
    Anda mengatakan anda mengalami 4 gejala diatas cukup beralasan anda perlu mewaspadai kemungkinan anda seorang diabetisi.

    3 jam setelah anda sarapan gula darah anda 95, tapi jika aktivitas gerak fisik anda dalam interval waktu 3 jam tersebut sangat tinggi juga akan menurunkan kadar gula daah anda ke level yang normal, jadi hati2 dengan hasil test gula darah anda.

    Sebaiknya anda cek ulang gula darah anda dengan cara yang disarankan yaitu:

    1. Gula darah puasa (puasa malam, jangan makan lagi setelah jam 22:00 wib, paginya langsung ambil sample darah untuk test gula darah). Setelah ambil sample darah langsung makan sarapan seperti biasanya, dan jangan minum obat turun gula darah.

    2. Dua jam setelah sarapan pagi (jangan melakukan aktivitas olahraga atau fisik yang terlalu berat).

  7. Author says:

    Pro : Putra,
    Maksud point 2 yaitu

    2. Dua jam setelah sarapan pagi (jangan melakukan aktivitas olahraga atau fisik yang terlalu berat).

    Maksudnya begini:
    Anda harus tahu bahwa jalan kaki selama 45 menit setelah makan juga bisa menurunkan tingkat gula darah anda. Jadi anda harus mengukur tingkat gula darah anda 2 jam setelah SARAPAN PAGI, Jadi selesai sarapan pagi jangan melakukan aktivitas terlalu berat selama 2 jam setelah sarapan pagi. Karena jika anda melakukan aktivitas berat, gula darah anda bisa turun, jadi hasil test gula darah anda bisa berbeda.

    Mudah2an ini bisa menjelaskan.

  8. ratnasari says:

    Dua minggu terakhir ini, disekitar lubang pembuangan kamar mandi saya banyak timbul bercak-bercak hitam semacam jamur, yang selalu muncul lagi walaupun sudah dibersihkan. Sementara itu, dua hari yang lalu, suami saya cek darah yang hasilnya positip DM(glukosa puasa 389 mg/dL, setelah 2 jam 594mg/dL)). Saya menduga ada hubungannya antara bercak hitam di kamar mandi dengan gejala DM. Apakah Author juga pernah menemui hal yang sama dengan kami?

  9. Author says:

    Pro: Ibu Ratnasari,
    Kejadian yang ibu alami memang agak aneh. Saya tidak pernah mengalami maupun membaca artikel seperti yang ibu alami seperti cerita ibu ttg kamar mandi diatas.
    Terlepas daripada kejadian di kamar mandi ibu, saya turut prihatin dengan hasil test gula darah suami ibu yang demikian tinggi.
    Saya sarankan agar ibu dan suami jangan panik, sekalipun merasakan kerisauan saya rasa hal ini sangat manusiawi, isteri saya dan saya sendiri juga pernah mengalami kerisauan seperti yang ibu rasakan saat pertama kali saya divonis positif DM.
    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah berolahraga dan segera konsultasi dgn dokter dan kurangi porsi makan nasi putih.
    Dalam kondisi demikian peran ibu sangat diperlukan.
    Cobalah minum herbal seperti yang saya gunakan, mudah2an cocok utk suami anda dan harus displin mengkonsumsi herbal ini selama 4 bulan baru bisa kelihatan hasilnya.
    Untuk jelasnya ibu bisa baca artikel saya tentang teh chin chau di blog ini.
    Salam

  10. Al Fath says:

    Setelah 29 hari berpuasa berat badan saya turun sampai 7 kg. Awalnya saya pikir hanya karna berpuasa, memang pada saat berpuasa mulai dari awal badan sudah terasa tidak enak lalu saya periksa ke dokter umum, kata dokter saya darah rendah selanjutnya saya mengkonsumsi obat dari dokter sampai habis, tetapi setelah obat habis rasanya badan tidak ada perubahan dan masih sering terasa masuk angin. Kemudian saya coba lagi ke dokter yang lain, kata dokter hanya lemes biasa dan saya diberi obat serta vitamin penambah darah, itupun saya konsumsi sampai habis tapi tetap tidak ada perubahan. Seminggu menjelang lebaran semakin terlihat kalau berat badan saya semakin berkurang, yang paling jelas saya mengukurnya dari celana yang dipakai semakin hari semakin longgar. Pada saat lebaran saya banyak bertemu dengan saudara dan teman, yang mana mereka semua kaget dengan perubahan berat badan saya dan dari mereka kemudian keluar saran supaya saya melakukan chek up terutama GULA. Akhirnya tadi malam saya periksa ke dokter penyakit dalam dan hasilnya dari laboratorium ternyata gula saya sudah mencapai 169 diatas normal yang seharusnya < 150. Berhubung saya tidak ada riwayat keluarga yang mempunyai penyakit diabetes, saya merasa kaget begitu juga dengan keluarga. Untuk itu kepada rekan-rekan yang pernah mengalami seperti apa yang saya alami saya mohon saran untuk pengobatan terbaik sehingga gula saya bisa normal kembali dan kesehatan saya bisa pulih seperti sebelumnya. Terimakasih atas perhatian dan sarannya.

  11. Author says:

    Pro Bapak Al Fath,
    Terima kasih telah mengunjungi blog saya ini. Dan tak lupa saya turut prihatin dengan apa yang anda alami seperti cerita bapak diatas.

    Apa yang anda alami hampir sama dengan apa yang pernah saya alami yaitu ketika saya belum menyadari saya terserang DM, yaitu berat badan saya dalam 1 bulan juga turun drastis, bahkan melebihi anda yaitu 10kg.

    Tapi sayang anda tidak melakukan uji kadar gula darah sebagaimana mestinya yaitu check gula darah puasa dan 2 jam setelah makan (sarapan).

    Saya sarankan sebaiknya anda lakukan check ulang gula darah anda dan segera konsultasikan dnegan dokter ahli.

    Anda bisa menemukan banyak artikel tentang diabetes di blog saya ini yang sangat berguna untuk penanganan dm.

    Silahkan anda ikuti artikel ttg dm disini.

    Salam

  12. ketel says:

    mampusss gw ada 5 gejala di atas!!!!
    :cry: :cry: :cry: :cry: :cry:

  13. pewe says:

    ayahku kena diabet,bahkan kadar gulanya tinggi bgt, nyampe 465,,apakah ini angka yg masuk akal?
    symptom awal, ayah sering buang air kcil, bahkan nyampe 8 kali semalem, dan setelah dua kali k dokter….
    ayah justru makin kurus,dan yang paling bikin aku cemas, ayah sulit mengendalikan motorik terutama tangan dan kaki,sering jatuh kalo jalan,kadang gak bisa nuang air ke gelas,bahkan kadang gak bisa ngambil sesuatu…. :(
    aku harus gimana ya?
    pliss, mohon sarannya… :( kirim ke
    mentaripagi44@yahoo.com
    thanx so much
    :cry:

  14. Author says:

    Pro pewe,
    Saya bisa ikut merasakan kecemasan hati anda, kondisi dm ayah anda memang sudah termasuk parah. Sayang anda tidak menjelaskan sudah berapa lama ayahanda menderita dm.
    Tingkat gula darah ayahanda mencapai 465, bisa jadi ini merupakan angka sebenarnya karena anda mengatakan bahwa sudah ke dokter 2 kali, gula darah pun bisa mencapai 600.
    Saya tidak tahu anda tinggal di kota mana, jika anda tinggal di Jakarta silahkan konsultasi dengan bapak Darwin Kiro, sang pembuat teh chin chau.

    Alamat, no. telp. (komplit data pak darwin telah saya kirimkan langsung ke email anda).

    Segeralah berobat kepadanya.

  15. indradning says:

    apa saya boleh juga mengetahui alamat, no. telp dari pak Darwin? karena suami saya juga baru ketahuan gula darahnya tinggi.

    Terimakasih atas infonya :

  16. mumu says:

    jika lingkar perut bertambah,,apakah itu juga gejala diabetes???
    apakah menkonsumsi mangga terlalu banyak dapat meningkatkan gula darah?? :roll: apakah mengkonsumsi coklat juga meningkatkan gula darah??
    :cry:

  17. hasian cinduth says:

    terimakasih buat info di atas… :-)
    salam kenal buat author-nya.

  18. Tita says:

    Saya dari bandung,

    Ayah saya memiliki ciri – ciri gejala diabetes seperti yang disebutkan diatas, turun berat badan drastis, sering buang air kecil, lemas, gatal – gatal dan basah, serta lama keringnya, rambutnya rontok, tapi memang belum di cek kadar gulanya sih. Tapi kalau melihat gejala2nya seperti memang mengidap dm

    Kalau Boleh, bisa dikirim lewat alamat e-mail saya, Alamat dan no. telp. Bapak Darwin.

    Sebelumnya saya ucapka terima kasih

  19. Mbak Tita, saya sudah kirimkan alamatnya ke email anda, tapi alamat email yang anda berikan kepada saya mungkin salah tulis, email yg saya kirimkan di kembalikan melulu. Coba cek ulang penulisan email anda.
    salam

  20. pemla says:

    bolehkah saya juga mendapatkan nomor kontak dokter yg membuat teh cin cau? terima kasih author.

  21. sudah saya kirimkan ke email anda

  22. lifeishappi says:

    salam,

    bolehkah saya dikirimkan alamat dan nomor kontak pembuat teh cin cau?

    Terimakasih. :)

  23. taopik nugraha says:

    Saya bersyukur bisa menemukan blog ini, umur saya 37 tb/bb : 168cm/64kg (sekarang), 2 bulan yang lalu saya merasakan kesemutan pada tangan dan kaki disertai panas dan rasa celekit-celekit, saya disarankan dokter RSHS utk MCU dan betapa kagetnya ternyata gula darah 2 jam setelah makan mencapai 160mg/dl walaupun gula puasanya 97mg/dl dan kolesterol total 226 tp anehnya dokter hanya ngasih saya obat untuk penurun kolesterol saja. sampai sekarang saya masih merasakan panas, kesemutan dan celekit2 di kaki+tangan.
    saya mau minta pengalaman di blog ini bagaimana cara untuk mengontrol dan menurunkan kadar gula saya..!
    dan apakah kalo sudah turun rasa sakit akan hilang ya?
    terimakasih atas jawaban, penjelasan dan infonya, sangat bermanfaat sekali buat saya.
    alamat email : tovicx_fresh@yahoo.com

  24. Ceps says:

    Adik saya berumur 27 th, dlm 2 minggu ini sering pipis pd malam hari, 2 hr yg lalu sakit abses seputar (maaf) pantat + demam, sakit berlanjut ke cek darah,hasilnya Gula 450. Tes lanjut (puasa 250 stlh 2 jam 450). Adik saya itu obesitas dari kecil s/d skrg. Kebetulan Ibu saya sdh 17 thn kena DM. Apa yang harus aku lakukan, kebiasaan begadang dan makan malam blm hilang. Apakah masih gejala atau sudah positif DM, terima kasih.

  25. kalau dilihat dari kadar gula darah yang beitu tinggi, besar kemungkinan sudah menderita dm. sebaiknya konsultasikan ke dokter ahli utk memastikannya

  26. yulian says:

    sy mengalami 5gejala diatas
    Sering kencing,cpt lapar,gatal2,kesemutan,penglihatan kabur.
    Yg mau sy tanya ttg gatal2 dan kesemutan itu kalo mengidap diabetes frekuensinya tiap hari dan sering?klo udah gatal terus menerus atau kadang2 saja?
    Lalu mungkinkah diabetes pdhl berat badan naik pdhl mengalami 5gejala diatas?trims infonya

  27. Pro : Ibu Yulian,
    Sayang sekali anda tidak menyertakan hasil test gula darah anda, tau anda memang belum check gula darah anda di laborat.
    Kalau melihat apa yg anda ceritakan gejala yg anda alami diatas, mungkin anda sudah termasuk diabetisi.
    Mengenai gejala gatal2 dan kesemutan setiap orang akan berbeda kondisinya.
    Saya sarankan secepatnya anda check gula darah anda.

  28. Linda says:

    Sebetulnya penyakit diabet type 2, sekarang sudah ada obatnya asalnya si penderita mau berpantang dalam tahap pengobatan, hingga gula darahnya normal kembali.

  29. Surya says:

    Istri saya baru saja dinyatakan menderita DM dengan hasil tes gula darah hampir 300.
    Saya tertarik dengan terapi pengbatan Mediabetea. Bisakah saya dikirimkan alamat dan no telpon Pak Darwin?
    Terimakasih

  30. yuli aza says:

    ayah saya sudah 1 th ini tdk bangun dari tmpt tidurnya, karena penyakit diabetesnya. persisnya setelah dirawat dirumah sakit untuk dibersihkan lukanya (operasi kecil), tapi tdk sampai diamputasi. awalnya msh bisa jalan walau pakai tongkat, tapi lama kelamaan tidak bisa sama sekali. bahkan untuk mengangkat tubuhnya sendiri saja tdk sanggup. kadar gulanya sudah turun dari 500 menjadi 200 an, tapi lukanya tak pernah sembuh bahkan sekarang ulu hatinya sering sakit (sesak dan penuh) sehingga sulit bernafas. Apa yg harus kami lakukan? segala cara sudah kami lakukan baik medis ataupun tradisional!
    thanx

  31. Edy says:

    Bisa minta tolong untuk di email alamat dan no tlp/hp dari pak Darwin ke email address saya ini edwin.phd@gmail.com. Terima kasih.

  32. Edy says:

    minta di kirim alamat n no tlp pak darwin ke email saya tsb.

  33. Diah says:

    Ayah saya mempunyai gejala seperti di atas,selalu buang air kecil lebih 5 kali dan berat badan turun dramatis…sekitar 10 kg dlm waktu 1 bulan.mohon sarannya..Dan Mamah saya berat badan turun dratis…

    dan saya minta saran dokter check darah di mana?dan minta no hp atau alamat bapak Darwin agar bisa berkonsultasi dengan bapak secara leluasa…mohon di kirim ke email saya,saya tinggal di tangerang…

    ASAP

  34. isgiarto says:

    Saya tinggal di kota bandung, dimana alamat yg tepat untuk konsultasi masalh diabetes di kota bandung. Mohon bisa dibales alamat tsb via email saya. Terimakasih

  35. Abu Faris says:

    Terima kasih informasinya. kebetulan saya termasuk yg memiliki gejala tersegtbut. Diantaranya berat badan turun dan sering buang air kecil setiap malam sampai 10 kali. Alhamdulillah gejala tersebut sdh muncul lagi. Namun yg ingin saya tanyakan adalah gejala yg terjadi pada istri saya. Gejala tersebut, sering gatal-gatal pada bagian punggung dan kadang-kadang sering pusing. Apakah itu termasuk gejala diabetes? untuk berat badan tidak turun secara drastis, karena memang sedang menjadi program diet.
    Atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih. Ditunggu jawabannya ke alamat email: mdepriya@yahoo.com

  36. Pro: Abu Faris,
    Bapak saya sarankan check gula darahnya segera untuk memastikan apakah diabetes atau bukan, tapi apa yg bpk sebutkan diatas, saya curiga gula darah bapak sudah tinggi.

  37. khalisa says:

    ayah saya baru kemarin didiagnosa terkena DM, bisa minta tolong untuk diemailkan alamat dan no. hp pak darwin, terima kasih…

  38. Pro: khalisa,
    Alamat dan no telp bp. darwin sudah kirimkan ke email anda.

  39. resep masakan says:

    Terimakasih sharingnya pak , jadi tau gejala – gejala DM .

  40. Arumsekartaji says:

    Tetap sehat dan terus berbagi ilmu. Salam sehat dengan kundalini reiki.

  41. Lina says:

    Bisa minta tolong untuk di email alamat dan no tlp/hp dari pak Darwin ke email address saya. Terima kasih.

  42. Pro Lina,
    Alamat pak Darwin sudah saya kirimkan langsung ke email Anda, semoga bermanfaat.
    Salam

  43. TAN says:

    PAK,sy kynya mengidap salah satu gejala diabetes yaitu sering buang air kecil, sama sering mengantuk ,apakah sy positif mengidap diabetes? krn khawatir skrg sy mengkonsumsi ginseng scr rutin krn sinshe yg menganjurkan, apakah secara pengobatan ginseng bisa mengobati diabetes? apakah ada pengobatan alami yg lebih tepat? spt teh cincau yg sy bc diatas, bisa email kan ke saya utk detailnya bisa dibeli dmana, cara konsumsinya , dsb

    yg terakhir pertanyaan saya, apakah diabetes bisa di sembuhkan? (apabila benar sy mengidap)

  44. Saya sarankan Anda segera check gula darah Anda untuk memastikan apakan Anda positif diabetes apa tidak.

  45. muhammad sofwan says:

    pak, boleh minta no. tlp dan alamatnya pak darwin yang pembuat teh chincau ke email addres saya ? trima kasih

  46. Akan saya kirimkan langsung ke email bapak.

  47. Wagiyo YS says:

    Kebetulan teman saya punya alat tes gula darah digital, iseng-iseng saya minta cek, hasilnya mengejutkan ternyata kadar gula saya mencapai 400. Saya jadi stress, sebenarnya sepuluh gejala diabetes tidak saya rasakan. Bagaimana pak ya solusinya/ Saya tinggal di Prabumulih Sumatera Selatan. terima kasih.

  48. Sebaiknya Anda periksa gula ke laborat dengan pengantar dokter ahli dan hasil test laborat dikonsultasikan dengan dokter Anda.
    Jika Anda belum merasakan ada gejala dm, mungkin itu baru merupakan awal dm yang biasa disebut juga dengan PRA-DIABETES.

  49. roni says:

    Bisa minta tolong untuk di email alamat dan no tlp/hp dari pak Darwin ke email address saya. Terima kasih.

  50. harlie says:

    maap,,, bole saya minta alamat n no hp pak darwin??? mohon kirim k email saya,, tq bget ya uda berbagi info

  51. harlie says:

    email nya : leeevan32@yahoo.co.id
    tolong d bantu kirim alamat n no hp nya pak darwin ya k email ini,,, tq bget

  52. Vonny Chen says:

    Boleh minta alamat dan no hp pak Darwin ? terima kasih

  53. Bramantyo says:

    Pak saya tinggal di tangerang, dimana saya bisa membeli teh cin cau. Terima kasih

  54. hamid kurniawan says:

    dalam keluarga saya ada keturunan diabetes, pertama dari ayah sekarang sudah meninggal karna diabetes, dua tahun yg lalu kaka pertama saya kena dibetes juga tidak tertolong juga, saya ada dua yg sama dari 10 gejala diatas, berat badan menurun, perut seperti kosong, setelah dua jam makan tapi makannya ga banyak dan gak nafsu makan, suka keluar keringat dingin, apakah itu gejala diabetes,saya tunggu jawabannya

  55. admin says:

    Sebaiknya Anda konsultasi ke dokter spesialis kencing manis dan check gula darah Anda ke laborat. Untuk memastikan apakah Anda telah menderita diabetes atau tidak sebaiknya diputuskan seorang dokter ahli.

  56. evi efrida says:

    dua tahun yang lalu, waktu saya masih sma kelas 1 saya sering di gigit nyamuk di bagian betis saya, nah bekas yang di gigt ini kadang mw membengkak dan panas, saya khawatir kalu ini adalah penyakit gula, namun ketika saya cek ke dokter, ternyata kata dokter itu hanya alergi saja, tapi saya ragu juga, akibatnya kaki saya banyak bercak bercak hitam akibat d gigit nyamuk itu, yang anehnya, cuma di sekitar betis saya saja, di paha saya tidak berbekas, di tangan maupun di muka juga, hanya bigian betis saya saja yang banyak bekasnya, tpi kalau bengkak di sekitar tangan dan paha juga sering,
    kemudian saya pernah kusuk di sekitar tempat tinggal saya sekarang, waktu dia kusuk kaki saya, saya sangat kesakitan di bagian kaki dalam saat di kusuk nya, katanya saya beresiko gula, apakah itu benar? setelah saya menglami gejala gejala kudisan di kaki saya sebelumnya?

  57. admin says:

    Sebaiknya Anda lakukan pengecekan darah Anda dan konsultasi dengan dokter ahli (dokter kulit).

  58. Mohon informasi mengenai gejala DM…
    dari 10 Gambar di atas…
    yang mirip adalah
    1. Sering kesemutan tangan kiri saya (telapak tangan bawah dan jari-jari tangan)
    2 Pengelihatan kabur, usia saya 42..saya tidak bisa melihat dg jelas suatu tulisan jika dari jarak dekat, kurang lebih 30 …saya baru bisa melihat jelas jarak 40-50 cm (plus)

    hanya itu..apakah saya kena DM…krn saya ingin mengobati kesemutan saya ini yg sangat mengganggu.
    apakah saya kekurangan vitamin B1 ? atau kadar kolesterol saya tinggi..atua kena asam urat ?

    mohon penjelasan nya

    terima kasih sebelumnya

  59. admin says:

    Sebaiknya Anda lakukan checkup untuk memastikan apa yg terjadi pada diri Anda.

 

Leave a Reply to this Post

*

Facebook Fans Page
Kategori

Statistik Blog