Tabel Praktis untuk Mencatat Hasil Test Kadar Gula Darah untuk Diabetisi | Info Diabetes Mellitus

Tabel Praktis untuk Mencatat Hasil Test Kadar Gula Darah untuk Diabetisi

November 23rd, 2010 | Visited 59661 times, 11 so far today 3 Comments

Hai rekan-rekan diabetisi yang setia berkunjung ke blog ku ini. Kali ini saya mau bagi-bagi sedikit pengalaman bagaimana mencatat hasil test gula darah sehabis kita lakukan setiap hari.

Mencatat hasil test gula darah bagi seorang diabetisi merupakan bagian dari management diabetes. Sekalipun hanya sebuah pekerjaan kecil yaitu “mencatat”, tapi banyak rekan-rekan diabetisi mengabaikannya. Atau kalaupun mencatat mungkin tidak mencatatnya dengan baik didalam sebuah tabel agar supaya mudah membacanya dan sekaligus memberikan gambaran kepada kita pada tingkat seperti apa kadar gula darah kita.

Pekerjaan mengukur kadar gula darah bagi seorang diabetisi sangat disarankan dilakukan setiap hari paling sedikit satu kali sehari yaitu di pagi hari. Hasil test gula darah di pagi hari ini akan menentukan apa yang akan kita lakukan pada jam-jam berikutnya seperti sarapan, makan siang, makan malam dan olahraga. Jika Anda seorang diabetisi yang tidak disiplin dalam hal mengatur pola makan dan olahraga, saya sarankan Anda untuk rajin-rajin menguji kadar gula darah Anda setiap hari minimal 2 kali sehari, tapi sebaiknya dilakukan 3 kali sehari yaitu pagi, siang dan malam.

Kali ini saya mau sharing membuat tabel untuk mencatat hasil test kadar gula darah kita setiap hari. Tabel dibawah ini saya buat dengan menggunakan microsoft excel yang saya rancang pada tanggal 19/11/2010 yang lalu, terus saya lakukan ujicoba beberapa hari dengan menampung data hasil test gula darah saya sendiri. COba disimak dengan baik tabel dibawah ini.

(Klik gambar diatas untuk memperbesar view)

Tabel diatas saya beri beberapa warna yaitu dimana warna hijau memberikan pertanda kita berada dalam zona aman, sedangkan warna merah mudah hingga merah tua memberikan gambaran kadar gula darah kita berada di zona berbahaya.

Saya termasuk seorang diabetisi yang disiplin mengatur pola makan, sedangkan untuk berolahraga termasuk sangat jarang karena tidak ada waktu disebabkan karena kesibukan pekerjaan sehari-hari. Dan perlu saya beritahukan bahwa saya saat ini sudah tidak mengkonsumsi segala bentuk obat diabetes.

Saya terasa sangat terbantu dengan tabel hasil rancangan saya diatas dan silahkan didownload DISINI jika Anda memerlukannya. Jika hasil pendataan angka test gula darah anda lebih banyak berada di zona hijau hal itu menunjukkan tingkat diabetes kita berada di zona aman.

Untuk memahami tabel diatas saya sangat sarankan Anda membaca sebuah postingan artikel saya berjudul Satuan Ukuran Gula Darah mmol/L dan mg/dL.

Mudah-mudahan bermanfaat bagi rekan-rekan diabetisi dan jangan lupa tolong tinggali komentar Anda untuk sharing saya kali ini.

Terima kasih


Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

3 Responses to “Tabel Praktis untuk Mencatat Hasil Test Kadar Gula Darah untuk Diabetisi”

  1. zuhdi says:

    maaf, ini buatan sendiri ya? bukan dari link lain kan…
    mau tanya juga, kalo bisa dibuat grafiknya jadi kita bisa liat dari hari ke hari kadar gula darah kita naik atau turun dsb…terimakasih

  2. Pro Zuhdi,
    Betul pak ini saya kresi sendiri untuk saya pakai sendiri dan saya sharing ke rekan2 diabetisi.
    File yang bisa didownload dalam bentuk excel, jadi tinggal diisi saja di komputer.
    Semoga bermanfaat bagi anda.

  3. arie says:

    terima kasih atas file excelnya.ini bnr2 bermanfaat

 

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog