Temulawak dan Kunyit Berkhasiat Menekan Kencing Manis

temulawakKhasiat temulawak dan kunyit bisa menekan kencing manis (diabetes) dan cegah serangan jantung dan gagal jantung.

Manfaat kurkumin tentu anda sudah tahu yaitu untuk menekan kolesterol atau memperbaiki fungsi liver. Tapi apakah anda juga tahu bahwa kurkumin juga bisa digunakan untuk mengobati pasien diabetes mellitus dan mencegah serangan jantung?

Nah ini adalah penemuan baru peneliti Indonesia yaitu Dr. Idrus Alwi, SpPD-KKV. Mengapa beliau memilih kurkumin sebagai bahan penelitiannya? Sederhana saja kurkumin banyak didapat pada kunyit dan temulawak, yang tumbuh subur di negeri ini, Indonesia. ”Disamping itu, kurkumin telah banyak digunakan pada penyakit inflamasi dan menunjukkan efek anti inflamasi” kata beliau. Pada orang dengan penyakit jantung, tidak hanya penyumbatan pada pembuluh darah yang harus dihilangkan tapi inflamasi (peradangan) juga harus diobati.

temulawakRiset yang dilakukan Idrus juga membuktikan bahwa kurkumin bisa menekan kolesterol, peradangan pembuluh darah dan gula darah. “Ada kecenderungan kurkumin bisa menekan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Bisa menurunkan gliko hB, yaitu parameter pengendalian gula darah. Jadi sangat menarik bahwa kurkumin tidak hanya menekan peradangan tapi juga mengendalikan faktor-faktor lain seperti kolesterol dan gula darah” jelas beliau.

Kurkumin sangat mudah untuk dikonsumsi karena terdapat pada menu makanan sehari-hari. Tidak mempunyai efek samping yang berarti sehingga aman untuk dikonsumsi. Selain itu juga kurkumin diyakini dapat meningkatkan nafsu makan.

(Sumber: http://sehat-jasmani.blogspot.com)

2 thoughts on “Temulawak dan Kunyit Berkhasiat Menekan Kencing Manis”

  1. (Riset yang dilakukan Idrus juga membuktikan bahwa kurkumin bisa menekan kolesterol, peradangan pembuluh darah dan gula darah. “Ada kecenderungan kurkumin bisa menekan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Bisa menurunkan gliko hB, yaitu parameter pengendalian gula darah. Jadi sangat menarik bahwa kurkumin tidak hanya menekan peradangan tapi juga mengendalikan faktor-faktor lain seperti kolesterol dan gula darah” jelas beliau.)

    Thnaks Infonya..

  2. Artikelnya bagus2 ya, tambah terus artikelnya sangat membantu masyarakat kita.
    Salam kenal 😆 😆 😆

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*