Terapi Akupuntur Untuk Diabetes | Info Diabetes Mellitus

Terapi Akupuntur Untuk Diabetes

January 5th, 2010 | Visited 60563 times, 1 so far today 2 Comments

akupunturTerapi akupuntur sudah umum dikenal di Cina untuk mengobati penyakit diabetes. Pada tahun 1994, Chen dkk melakukan penelitian terapi akupunktur terhadap 60 pasien. Sejumlah pasien tersebut mempunyai kriteria yang hampir sama, baik dari sisi gejala klinis maupun hasil pemeriksaan lab (hasil tes gula darah dan kencing). 60 pasien tersebut dibagi dlm dua kelompok secara acak, masing-masing (38) untuk kelompok perlakuan dan sisanya (22) adalah kelompok control. Kedua kelompok mendapatkan diet yang sama selama masa percobaan. Kelompok perlakuan diberikan terapi akupunktur pada titik-titik LI-11, Sp-6, St-36, Bl-20, LU-10,CV-4, GV-20, selama 30 hari bertutut-turut.

Hasilnya, 25 dari 38 pasien yang diterapi dengan akupuntur mempunyai kadar gula darah puasa = 130mg/dl sedangkan kadar gula darah 2 jam sesudah makan <= 150mg/dl. Pada 10 pasien terjadi perbaikan gejala klinis, GDP ,150mg/dl dan GD2JPP , 180 mg/dl. Sedangkan tiga pasien sisanya tidak memberikan respon.

Dalam penelitian tersebut lebih jauh dilaporkan bahwa terapi akupunktur pada pasien diabetes menghasilkan penurunan bermakna secara statistic pada kadar kolesterol darah, kadar trigliserida, dan beta lipoprotein. Penurunan yang sangat mencolok didapatkan pada kadar trigliserida darah dari 151 sampai mencapai 117, berarti mengalami penurunan sampai > 20 %.

Hou Al (1993) dalam penelitian menggunakan titik Sp-6 sebagai titik utama ditambah titik-titik feishu (BL-13), sanjiaoshu (BL-22), zuzsanli (ST-36), taixi (KI-3) ditambah shenshu (BL-23) pada 30 sampel pasien diabetes. Untuk satu seri terapi dilakukannya setiap hari selama 12 hari.

Dilakukan penusukan jarum pada titik tersebut di atas, setelah terasa deqi jarum dibiarkan tinggal selama 30 menit. Dia memperoleh hasil terbaik pada pasien dengan usia yang lebih muda dibandingkan dengan hasil yang diperoleh pada pasien yang berusia lebih tua. Criteria yang dipakai adalah penurunan gula darah menjadi normal atau mendekati normal. Untuk memperoleh hasil optimal, Hou Al melakukan antara 2-3 seri dengan selang waktu 2-3 hari istirahat, antara setiap seri terapi.

Pada percobaan yang dilakukan oleh Liu Zhicheng dan Sun Fengmin dari salah satu perguruan tinggi Traditional Chinese Medicine Nanjing (1994) menyampaikannya pada kesimpulan bahwa : terapi akupunktur pada pasien usia muda lebih baik hasilnya jika dibandingkan dengan kasus diabetes pada penderita usia tua. Demikian juga hasil terapi akan lebih baik pada kasus diabetes ringan daripada yang lebih berat.
Titik-titik yang digunakan

Dari penelaahan yang mendalam melalui beberapa sumber artikel Hu Hui (1995), peneliti dari RS Universitas Traditional Chinese Medicine Dongzhimen di Beijing, merangkum beberapa titik yang sering digunakan adalah :

  • feishu (BL-13),
  • pishu (BL-20),
  • shenshu (BL-23),
  • zusaanli (St-36),
  • sanyinjiao (Sp-6),
  • guanyuan (CV-4),
  • taixi (KI-3),
  • zhongwan (CV-12),
  • geshu (BL-17),
  • quchi (LI-11),
  • hegu (LI-4),
  • shenmen (HT-7),
  • neiguan (PC-6),
  • fuliu (KI-7).

Titik-titik akupuntur tersebut telah digunakan baik di Amerika maupun di Negara-negara lain di dunia.

Sumber : www.dr-rocky.com

Demikian informasi tentang Terapi Akupuntur Untuk Diabetes. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Pesan artikel via email

Pastikan selalu mendapatkan update terbaru dari blog ini, Masukkan email Anda: (Email Anda akan kami rahasiakan).

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda.

2 Responses to “Terapi Akupuntur Untuk Diabetes”

  1. l3enz says:

    Hi, boleh tau dimana tempat akupunturnya atau masukan dimana bisa melakukan terapi akupuntur yang memang ahli untuk penyakit diabetes di daerah jakarta? karena kebanyakan akupuntur di jakarta untuk langsing atau kecantikan. Apabila ada mohon di email ke saya. Thanks.

  2. rami says:

    Halo redaksi,
    bisakah saya mendapatkan info seperti yang diminta oleh sdr.I3enz yaitu alamat tempat ekupunktur yang melakukan terapi untuk penyakit diabetes. Mohon dapat dikirimkan ke alamat email saya. Terima kasih.

 

Leave a Reply to this Post

*

Facebook Fans Page
Kategori

Statistik Blog