Tips Naik Pesawat Terbang untuk Penderita Diabetes | Info Diabetes Mellitus

Tips Naik Pesawat Terbang untuk Penderita Diabetes

October 15th, 2011 | Visited 867193 times, 9 so far today 1 Comment

Seorang penderita diabetes juga ingin hidup normal seperti kebanyakan orang yang tidak menderita diabetes. Seorang diabetes juga ingin berpergian seperti wisata jauh ke suatu tempat yang mereka dambakan dengan menggunakan pesawat terbang.

Bagi penderita diabetes yang membawa alat bantu diabetes yang ingin berpergian menggunakan pesawat terbang mungkin akan menghadapi beberapa masalah ketika mereka akan melalui tempat pengecekan keamanan penumpang seperti pemeriksaan sinar X dan detektor logam (metal detector) yang biasanya dipasang di setiap pintu masuk ke ruang check in dan ruang tunggu di setiap bandara.

Masalah di Bandara untuk Penderita Diabetes Type1:

Jika Anda penderita diabetes type1 ingin berpergian dengan pesawat terbang ada sangat besar kemungkinan Anda akan menghadapi banyak masalah ketika Anda hendak melewati tempat2 pemeriksaan keamanan penumpang seperti pintu masuk check in dan pintu masuk ke ruang tunggu di bandara.

Seperti kita ketahui bahwa penderita diabetes type1 sangat tergantung pada asupan insulin. Ketergantungan terhadap asupan insulin ini akan menyebabkan penderita diabetes type1 harus mempersiapkan alat bantu diabetes secara lengkap seperti misalnya insulin, jarum suntik, pompa insulin, pena insulin, alat test gula darah, test strip, batere dan alkohol. Kesemua alat bantu ini biasanya disimpan dalam sebuah box khusus dan selalu harus dibawa jika berpergian jauh. Peralatan bantu diabetes diatas kemungkinan akan mendapatkan pemeriksaan khusus di bandara. Masalah yang akan timbul disini adalah adalah adanya larangan membawa senjata tajam (alat suntik termasuk kategori senjata tajam) dan cairan tertentu seperti alkohol didalam pesawat terbang.

Untuk penderita diabetes type1 yang harus menggunakan pompa insulin yang setiap saat harus diletakkan di tubuhnya akan menghadapi masalah ketika mereka akan melewati pintu detektor logam (metal detector). Alat peringatan  detektor akan berbunyi dan tubuh mereka akan segera diperiksa (body search) oleh petugas keamanan dengan cara meraba seluruh badan mereka. BERHATI-HATI LAH! Ada kemungkinan petugas keamanan akan mengeluarkan (baca: mencabut) pompa insulin Anda seketika itu juga dari tubuh Anda! Tindakan ini akan sangat berbahaya!

pompa insulinSangat disarankan kepada penderita diabetes type1 yang menggunakan pompa insulin sebaiknya segera melaporkan kepada petugas keamanan sebelum melewati alat deteksi logam bahwa Anda terpaksa harus menggunakan pompa insulin ditubuh Anda dan tidak dilepaskan karena Anda memang sangat membutuhkan asupan insulin pada saat itu. Mintalah petugas keamanan melakukan prosedur pemeriksaan lainnya untuk memastikan Anda memang aman sebagai salah satu penumpang pesawat. Prosedur pemeriksaan khusus bisa berupa pemeriksaan dalam ruang tertutup dimana Anda bisa menunjukkan pompa insulin Anda kepada petugas keamanan atau petugas medis bandara yang biasa disebut dengan inspeksi visual).

Masalah di Bandara untuk Penderita Diabetes Type2:

Hambatan yang akan dihadapi oleh penderita diabetes type2 tidak akan sebesar penderita type1. Karena pada umumnya alat bantu diabetes type2 yang akan dibawa serta dalam perjalanan hanya berupa obat2an, alat test gula darah, test strip dan alkohol. (untuk penderita kronis type2 mungkin perlu membawa pena insulin, insulin dan jarum suntik).

Alat bantu diabetes seperti diatas biasanya akan diletakkan dalam koper atau tas perjalanan Anda dan akan diperiksa melalui sinar X (Ingatlah: alat suntik termasuk kategori senjata tajam dan cairan seperti alkohol dilarang dibawa didalam pesawat terbang).

Tips:

Bagi penderita yang sering mengalami hypoglicemic (kadar gula darah rendah) sebaiknya melaporkan diri Anda kepada petugas bandara bahwa Anda adalah seorang penderita diabetes yang sering mengalami hypoglicemic (kadar gula darah rendah) atau sebaiknya Anda membawa beberapa butir permen dalam perjalanan.

Berikut saya berikan beberapa petunjuk khusus untuk penderita diabetes yang akan melakukan perjalanan dengan pesawat terbang yang merupakan standard internasional yang saya ambil dari Transportation Security Adminstration sbb:

Notify the Security Officer that you have diabetes and are carrying your supplies with you. The following diabetes-related supplies and equipment are allowed through the checkpoint once they have been screened:

Insulin and insulin loaded dispensing products (vials or box of individual vials, jet injectors, biojectors, epipens, infusers, and preloaded syringes; Unlimited number of unused syringes when accompanied by insulin or other injectable medication; lancets, blood glucose meters, blood glucose meter test strips, alcohol swabs, meter-testing solutions; Insulin pump and insulin pump supplies (cleaning agents, batteries, plastic tubing, infusion kit, catheter, and needle); Insulin pumps and supplies must be accompanied by insulin.

Glucagon emergency kit; Urine ketone test strips; Unlimited number of used syringes when transported in Sharps disposal container or other similar hard-surface container.
Sharps disposal containers or similar hard-surface disposal container for storing used syringes and test strips.
Insulin in any form or dispenser must be clearly identified.


Pesan artikel via email

Dapatkan pemberitahuan update terbaru dari kami via email, Enter your Email here:

Jangan lupa lakukan konfirmasi di email Anda

One Response to “Tips Naik Pesawat Terbang untuk Penderita Diabetes”

  1. ADY_SOKA says:

    Baru tahu kalau penderita diabet,akan mengalami masalah dlm perjalanan dg pesawat terbang.Petunjuk yg sangat penting,bukan saja bagi penderita,tetapi jg bagi keluarga.Trims very much.

 

Leave a Reply to this Post

*


    Statistik Blog